oleh

Pemuda Desa Tlogorejo Mengadakan Donor Darah Bersama PMI Demak

Demak, SMJTimes.com – Sebagai bentuk kemanusiaan, Pemuda Desa Tlogorejo Demak menggelar kegiatan donor darah menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini menjadi agenda rutin yang dilakukan sejak tahun 2015 silam.

Salah satu pemuda Desa Tlogorejo, Wahyudi mengungkapkan, setiap empat bulan sekali pihaknya menggelar kegiatan donor darah. Kelompok pemuda tersebut terdiri dari Karang Taruna Nusa Indah, Perpuseni Tlogorejo, dan IPNU-IPPNU ranting Tlogorejo.

“Kita sudah rutin, dari mulai tahun 2015 kita mengadakan donasi donor darah setiap 4 bulan sekali,” kata Yudi saat di wawancara, Minggu (11/7/2021).

Namun, lantaran pandemi Covid-19, pihaknya tak bisa mengadakan donor darah secara rutin.

“Saat pandemi kita sudah mengadakan donor darah dua kali, yaitu bulan Januari kemarin dan Bulan Juli ini,” terangnya.

Baca Juga :   Waspada Gula Darah Tinggi, Kenali 7 Gejala Berikut

Ia menambahkan, seharusnya kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus. Tapi, PMI Demak menghubungi pihaknya untuk menggelar kegiatan lebih awal.

“Ini seharusnya diadakan pada tanggal 17 Agustus nanti. Berhubung PMI Demak membutuhkan pendonor darah yang sifatnya darurat. PMI Demak menghubungi kita, terus kita laporan ke Pemerintah Desa (Pemdes) untuk musyawarah terkait mengadakan donor darah di Balai Desa. Lalu Pemdes menyutujui, kita cari tanggal dan menyebarkan pamflet di Media Sosial,” jelasnya.

Ia melanjutkan pada masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya hanya mengadakan donor darah tanpa adanya acara seremonial. “Sebelum ada pandemi, biasanya acaranya rame seperti seremonial, ada cek mata, donor darah, bazar juga ada,” imbuhnya.

Baca Juga :   Suplai Berkurang, RSUD Sultan Fatah Kekurangan Stok Oksigen

Kemudian koordinator PMI Demak mengaku bahwa saat ini stok darah sangat terbatas. “Untuk bulan Agustus nanti, kita fokuskan di Kecamatan-kecamatan. Kalau di bulan Juli ini sendiri, perusahaan banyak yang di tutup karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Maka kita mengajak pemuda Desa Tlogorejo untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, sebab stok darahnya lagi menipis, ” ujarnya.

Sementara ini, golongan darah yang paling banyak dicari adalah golongan A, B, dan AB.

Alhamdulillah, di sini warganya malah kebanyakan golongan darahnya A, B, dan AB ada semuanya. Makan kita agak senang, karena minggu ini agak aman,” katanya.

Banyak peserta yang tidak bisa mendonorkan darahnya lantaran hemoglobin kurang dan baru vaksin satu kali. (*)

Baca Juga :   Banjir Rob di Demak Semakin Meluas, Ini Penjelasan BPBD

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Stok di PMI Menipis, Pemuda Desa Tlogorejo Demak Gelar Donor Darah”

Komentar

News Feed