oleh

5 Manfaat Konsumsi Kacang Rebus Bagi Kesehatan

SMJTimes.com – Kacang rebus menjadi camilan teman nongkrong maupun saat bersantai. Melimpah di Indonesia, kacang sangat mudah untuk dijumpai di pasaran. Harganya pun relatif terjangkau.

Selain direbus, kacang juga dapat disulap berbagai macam makanan. kacang panggang, kacang telur, kacang garing.

Kacang rebus menjadi salah satu olahan kacang yang dinilai paling sehat diantara jenis olahan lainnya. Pasalnya, teknik memasak direbus tak memerlukan banyak campuran sehingga nutrisi kacang masih utuh.

Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi kacang rebus bagi kesehatan.

  1. Meningkatkan energi secara cepat

Di dalam setengah cangkir kacang rebus terdapat 286 kalori, 12 gram protein, 2 gram gula alami, tanpa kolesterol. Karenanya, kacang rebus bisa menjadi camilan sehat karena memberikan dorongan energi yang cepat tanpa tambahan gula dan zat berbahaya lainnya.

Profil nutrisi kacang rebus juga membuat camilan ini efisien dalam memberikan otak dan otot nutrisi yang diperlukan. Kacang rebus juga mengandung 8 gram serat di dalamnya sehingga dapat mengontrol dan memuaskan perut agar tidak tergoda makan makanan yang tidak sehat.

  1. Sumber vitamin E dan B

Kacang rebus adalah sumber vitamin E yang kaya. Makan setengah cangkir kacang rebus menyediakan seperempat vitamin E dari asupan harian yang direkomendasikan. Kacang tanah rebus juga dikemas dengan vitamin B kompleks, yang sangat penting untuk pertumbuhan serta perkembangan otot dan organ.

Baca Juga :   Konsumsi Jeroan Berlebihan, Berisiko Penyakit Jantung

Vitamin B membantu tubuh membentuk sel darah merah dan asam folat (vitamin B9) yang penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Setiap setengah cangkir kacang rebus menyediakan seperlima tiamina (vitamin B1) dari kebutuhan harian dan seperenam dari asupan folat harian. Kacang rebus juga memberi 10 hingga 20 persen dari kebutuhan vitamin B6 dan niasin harian.

  1. Menyediakan mineral untuk tulang, gigi, saraf, dan otot

Setengah cangkir kacang rebus menyediakan magnesium sejumlah 30 persen dan fosfor 25 persen dari kebutuhan harian. Kedua mineral ini bermanfaat bagi tulang dan gigi.

Magnesium membantu memastikan fungsi saraf dan kontraksi otot yang tepat, sementara fosfor membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Kacang rebus juga menyediakan seng atau zink sebanyak 20 persen dari kebutuhan asupan harian yang direkomendasikan. Seng adalah mineral yang memiliki sifat antioksidan dan membantu penyembuhan luka.4. Tinggi flavonoid untuk mencegah kerusakan pada tubuhKacang rebus menawarkan flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan kacang panggang. Flavonoid ialah antioksidan yang melindungi sel dari segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga :   Hindari Kebiasaan Berikut, 5 Penyebab Jerawat di Wajah

Flavonoid juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker, masalah jantung, dan diabetes. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kacang rebus efektif melindungi tubuh secara keseluruhan.

  1. Sumber serat yang baik untuk pencernaan

Kacang rebus kaya akan serat. Kandungan serat dalam kacang rebus lebih banyak daripada serat dalam kacang panggang kering.

Makan kacang rebus bisa menjadi cara mudah untuk memenuhi asupan serat harian yang direkomendasikan. Serat sendiri memiliki peran penting dalam mengontrol nafsu makan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko diabetes serta penyakit jantung.

Komentar

News Feed