oleh

Pekerja Migran Asal Pati Dapat Fasilitas Vaksinasi dari Disnakertrans

Pati, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati mendukung dan memfasilitasi proses vaksinasi Covid-19 bagi pekerja migran Indonesia (PMI) asal Pati.

Program ini juga tindak lanjut dari instruksi pusat sehubungan dengan program vaksinasi kepada para pekerja migran.

Tri Hariyama, Kepala Disnakertrans Pati meminta kepada pekerja migran yang membutuhkan vaksinasi sebagai syarat untuk kembali bekerja di luar negeri bisa mengajukan ke Disnakertrans. Membawa kartu identitas, dan menyebutkan alamat di mana ia bekerja.

“Pemkab Pati di bawah naungan Bupati tidak hanya membantu fasilitasi sepihak. Calon tenaga kerja luar negeri yang membutuhkan syarat untuk divaksin bisa mengajukan,” kata Tri Hariyama saat diwawancara usai meninjau Vaksinasi Covid-19 di PT Garudafood, hari ini Selasa (6/7/2021).

Baca Juga :   Haryanto Risau Pasokan Oksigen Mulai Menipis

Tri melansir hingga saat ini pihaknya telah memvaksin ratusan pegawai lokal dan pekerja migran pada gelombang kedua.

“Hari ini di (klinik) Graha Dipo 100 orang yang siap keluar negeri. Kamis 100 peserta. Hari ini juga ada vaksin kedua di klinik Ben Mari Juwana 207 orang,” urainya.

Selanjutnya, para pendaftar akan direkomendasikan kepada ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati, Bupati Haryanto untuk divaksin pada gelombang kedua.

Para pekerja migran yang telah mendapatkan vaksinasi hingga tahap kedua bisa diberangkatkan kembali. Proses keberangkatan dipantau Satgas Covid-19, untuk memastikan syarat vaksin pekerja migran diterima oleh perusahaan tempat PMI bekerja.

Tri mengatakan di tengah situasi ekonomi yang tak menentu akibat pandemi Covid-19, pekerja migran asal Pati mendapat perhatian khusus.

Baca Juga :   Dewan Minta Pemerintah Tak Pasrah Meski Asuransi Pertanian Tak Bisa Cover Banjir

Dengan divaksinnya para PMI, selain mendapatkan perlindungan fisik diharapkan mampu menurunkan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Pati, dan menambah devisa negara.(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Disnakertrans Fasilitasi Vaksinasi Covid-19 Kepada Pekerja Migran Asal Pati”

Komentar

News Feed