oleh

Wajan Anti Lengket Tetap Awet, Perhatikan Tips Berikut

Mitrapost.com – Setiap alat masak memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Begitu juga seberapa awet alat dapur ditentukan bisa ditentukan dari perawatan yang dilakukan.

Salah satunya wajan anti lengket. Banyak beredar wajan anti lengket yang saat ini digemari oleh para ibu rumah tangga. Harga yang dibanderol pada wajan anti lengket pun juga beragam.

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan wajan anti lengket biar tetap awet.

  1. Cuci wajan sebelum digunakan

Sebelum menggunakan wajan anti lengket untuk yang pertama kalinya diperlukan mencuci wajan menggunakan air sabun panas.

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan residu, minyak, dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajan selama diproduksi dan diantarkan.

  1. Cermat memilih alat masak

Beberapa orang menyebut bisa menggunakan alat masak berbahan logam pada wajan anti lengket. Namun, tidak semua alat masak berbahan logam dibuat dengan cara yang sama. Beberapa diantaranya mungkin memiliki ujung-unjung yang kasar dan tajam yang bisa merusak wajan.

Baca Juga :   6 Cara Hilangkan Aroma Tak Sedap di Rumah

Sebagai ppenggantinya, lebih baik menggunakan alat masak plastic dengan ujung-ujung yang tidak kasar, kayu, atau silicon.

  1. Gunakan sedikit minyak ketika memasak

Meskipun wajan berlabel “anti lengket” minyak tetap dibutuhkan saat memasak untuk mencegah makanan menempel pada permukaan wajan.

Kita bisa menggunakan sedikit minyak, margarin, atau mentega. Hindari penggunaan oil spray karena biasanya mengandung aditif yang terlalu keras untuk lapisan anti-lengket.

  1. Gunakan api sedang

Ketika menggunakan wajan anti-lengket untuk memasak, selalu usahakan menggunakan api kecil hingga sedang. Sebab, kebanyakan pelapis tidak tahan dengan panas tinggi.

Beberapa wajan anti-lengket, misalnya berbahan keramik mungkin bisa tahan terhadap api yang lebih besar. Namun, menggunakan panas tinggi dalam waktu lama tetap harus dihindari.

  1. Jangan simpan makanan di wajan anti-lengket

Wajan anti-lengket tidak berfungsi untuk menyimpan makanan, Karena bisa merusak lapisan anti lengket jika ditinggalkan di wajan dalam kurun waktu lama.

Baca Juga :   Sindrom Patah Hati Imbas Buruk Putus Cinta

Kita bisa memindahkan makanna ke tempat yang lai setelah selesai memasak.

  1. Hindari Perubahan suku drastis

Sebelum mencuci wajan anti-lengket, biarkan wajan dingin terlebih dahulu setelah digunakan memasak.

Perubahan suhu drastic pada wajan bisa membuat wajan melengkung dan pada akhirnya memengaruhi kinerja masak dan juga merusak lapisan anti-lengket.

  1. Mencuci menggunakan tangan

Mesin pencuci piring mungkin akan terlalu keras untuk wajan anti-lengket. Jadi, luangkan waktu untuk mencucinya menggunakan air sabun panas, bilas dengan baik, dan keringkan sepenuhnya sebelum disimpan.

Komentar

News Feed