oleh

3 Faktor Pengaruhi Pertumbuhan Kuku

SMJTimes.com – Kuku kuat dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Namun, tak jarang yang mengalami kondisi kuku yang rapuh dan mudah patah ataupun telat pertumbuhannya.

Banyak hal yang dapat memengaruhi pertumbuhan kuku. Berikut ini faktor-faktor yang bisa memicu percepatan tumbuh kuku.

  1. Makanan yang seimbang

Makanan dengan nutrisi seimbang menjadi salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan kuku.

Makan makanan yang sehat dengan memastikan tubuh mendapatkan jumlah vitamin yang tepat untuk menjaga pertumbuhannya. Termasuk vitamin di antaranya seng, biotin, folat, dan protein.

Tak hanya itu, mengonsumsi buah, sayuran, protein, karbohidrat dan kemak seha  juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Tak menggigiti kuku

Sejumlah orang memiliki kebiasaan unik, seperti menggigiti kuku pada kondisi tertentu. Namun, jika dilakukan terus menerus hal ini bisa merusak kesehatan dan kecantikan kuku.

Baca Juga :   Baik Untuk Anak, Ini Manfaat Buah Pir

Kebiasaan buruk tersebut dapat mengakibatkan trauma pada kutikula. Kebiasaan memtik, dan menekan kuku dengan sering juga bisa menyebabkan cidera bahkan peradangan. Faktor-faktor tersebut dapat memperlambat pertumbuhan kuku.

  1. Suplemen biotin

Sejumlah penelitian menyebut, suplemen biotin dapat meningkatkan kesehatan kuku secara keseluruhan.

Namun, untuk mengonsumsi suplemen tersebut perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Pasalnya, dokter bisa merekomendasikan suplemen terbaik yang dapat kita konsumsi.

Tak hanya itu, jika terdapat perubahan kuku yang mengkhawatirkan perlu melakukan konsultasi ke dokter.

Sebab, perubahan kuku dapat mewakili kondisi yang berbeda-beda, jadi kita perlu memastikan apakah kita telah merawatnya dengan benar.

 

 

Komentar

News Feed