oleh

Langkah Agar Berat Badan Tak Bertambah Saat Berpuasa

SMJTimes.com – Niat hati ingin program penurunan berat badan saat menjalankan ibadah puasa. Justru malah sebaliknya, berat badan semakin melonjak naik.

Fenomena ini mungkin dialami oleh beberapa orang. Banyak dari mereka yang bertanya-tanya mengapa bisa demikian.

Berat badan tubuh berhubungan dengan jumlah kalori dari makanan yang kita konsumsi. Jika kita menginginkan penurunan berat badan, otomatis jumlah kalori yang masuk didalam tubuh kita harus dikurangi.

Begitu sebaliknya, ketika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar dari biasanya, tak ayal bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Menjalankan ibadah puasa, seharusnya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh berkurang mengingat seharian penuh tubuh tak mendapatkan asupan makanan. Namun, bagaimana ketika berbuka puasa?

Saat berbuka puasa inilah menjadi momen penentu, jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Pasalnya, banyak dari kita yang mengonsumsi makanan berlebihan saat berbuka puasa. Terlebih, makanan yang dikonsumsi mengandung tinggi gula dan berlemak. Ditambah, saat berpuasa tubuh yang lemas membuat mengurangi aktivitas.

Berikut ini, cara agar berat badan tak naik saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

  1. Perbanyak konsumsi sayuran dan protein

Mengonsumsi sayuran dan protein yang cukup saat sahur dan berbuka puasa dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa seharian penuh. Kecukupan nutrisi ini juga membuat tubuh tetap bugar dan merasa kenyang.

Selain itu, sayuran cenderung memiliki jumlah kalori yang cukup rendah. Sehingga kalian tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dengan jumlah banyak. Sementara itu, protein membantu meningkatkan massa otot tubuh agar tetap bugar saat berpuasa.

  1. Hindari mengonsumsi gorengan

Taka da yang menyangkal bagaimana kenikmatan cita rasa gorengan sebagai menu berbuka puasa. Memiliki rasa yang renyah digurih dengan sentuhan penyedap rasa, menjadi hidangan yang menggiurkan untuk dilahap.

Namun, dibalik kelezatannya itu ternyata gorengan tak ramah dengan kesehatan tubuh. Selain mengandung kalori yang tinggi, gorengan mengandung lemak jenuh yang bisa mengundang berbagai macam penyakit krinis, seperti kolesterol dan hipertensi.

  1. Hindari mengonsumsi minuman manis

Menurut Islam, berbuka puasa dianjurkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Tapi jangan salah, makanan dan minuman manis yang dimaksud bukanlah sembarang makanan dan minuman yang memiliki rasa manis melainkan rasa manis alami yang berasal dari buah-buahan.

Minuman yang manis mengandung tinggi gula dapat menaikkan kadar gula dalam darah secara drastis. Minuman manis ini juga mampu menambah asupan kalori yang masuk dalam tubuh.

Kalian bisa berbuka dengan air putih dan jus tanpa tambahan gula untuk mengurangi kadar gula yang masuk ke tubuh.

  1. Hindari makan berlebihan di luar rasa kenyang.

Selalu dengarkan tubuh dan berhentilah makan saat merasa kenyang, bukan kekenyangan. Pasalnya, dalam konsidi lapar, nafsu makan akan semakin meningkat. Dan mendorong tubuh untuk mengonsumsi makanan yang lebih banyak. Jika tidak kita kontrol, tubuh akan mendapatkan asupan yang berlebihan setelah mengalami puasa seharian penuh.

  1. Hindari menyediakan terlalu banyak pilihan dan variasi makanan untuk buka puasa atau sahur.

Sebab hal itu malah memicu keinginan untuk makan banyak. Sehingga tubuh lebih sulit untuk berhenti makan.

  1. Jangan lupa untuk tetap rutin berolahraga.

Selama puasa, kurangi intensitas latihan dan usahakan untuk berolahraga tiga hingga empat kali seminggu. Hindari berolahraga berat yang bisa membuat tubuh dehidrasi. Kamu bisa melakukan aktivitas seperti berjalan kaki di pagi atau di sore hari menjelang buka puasa.

 

 

Komentar

News Feed