oleh

TPS Desa Dengkek Didesain dengan Suasana Kesejukan

Pati, SMJTimes.com – Ada yang menarik dengan tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Dengkek, Kecamatan Pati Kota. TPS yang terletak di Balai Desa ini didesain dengan nuansa alam.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat mendekorasi ruangan TPS dengan berbagai tumbuhan atau tanaman hias.

Ketua Panitia Pilkades Dengkek M. Ikhsan menuturkan keputusan mendekorasi dengan nuansa alam ini dilatarbelakangi suasana Pilkades yang biasanya identik dengan persaingan perebutan kekuasaan yang panas.

“Suasana Pilkades itu kan mesti panas, terus kami mencoba mendesain tempat pemungutan suara itu kami kemas membuat suasana sejuk. Jadi (kita buat) nuansa alam,” ujar M. Ikhsan saat ditemui, Sabtu (10/4/2021).

Kebetulan di Desa Dengkek banyak masyarakat yang hobi tanaman bonsai dan tanaman hias. Hal ini dimanfaatkan pihaknya untuk dijadikan properti di TPS-nya.

Ada beberapa jenis tanamannya tanaman lokal dan bonsai yang menghiasi berbagai sudut TPS. “Bonsainya ada Pohon Serut, Pohon Sisir, ada Beringin, semua tanaman lokal,” tutur M. Ikhsan.

Selain itu, di beberapa sudut TPS juga dihiasi dengan burung dan tempat berswafoto agar masyarakat mempunyai kesan tersendiri dengan Pilkades kali ini.

Untuk tempat berswafoto ditempatkan di luar TPS atau samping pintu keluar TPS. Tempat poto selfie ini tertera tulisan Guyub Rukun Mbangun Desa serta dilengkapi gambar tiga calon kepala desa yang bergaya bebas.

“Visinya Guyup rukun mbangun deso. Baik yang menang maupun kalah, tetap bersama sama membangun desa,” katanya.

Tak hanya itu pihaknya juga menyediakan ruang santai untuk bersantai sejenak untuk warga yang telah memilih. “Jadi habis memilih mereka bisa santai sejenak dan tetap protokol kesehatan,” imbuhnya.

Diharapkan dengan adanya beberapa langkah ini, suasana yang panas kerena persaingan antar calon dan pendukungnya dapat mereda.

“Yang tadinya dari luar itu panas karena saingan, beda pilihan dan lain sebagainya, begitu mereka masuk TPS kami harapkan ada suasana adem,” tandasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Ciptakan Suasana Adem, TPS Desa Dengkek Didesain Nuansa Alam

 

 

Komentar

News Feed