oleh

Polres Pati Kerahkan Ribuan Personel Amankan Pilkades

Pati, SMJTimes.com – Dalam rangka mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at menggelar apel pasukan di halaman Stadion Joyokusumo Pati, Jumat (9/4/2021) pagi.

Sebanyak 1.515 pasukan disiapkan untuk mengamankan Pilkades yang akan gelar pada Sabtu (10/4/2021) besok ini. Mereka terdiri dari internal Polres Pati sendiri seperti Brimob Polres Pati. Serta eksternal Polres Pati, seperti Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah serta personel Kodim Pati.

“Jadi total seluruhnya 1.515 personel,” ujar Kapolres Arie kepada awak media selepas memimpin apel pasukan.

Para Personel masing-masing ditempatkan di lima eks-Kawedenan di Kabupaten Pati. “Kita tempatkan di masing-masing Kawedanan sehingga kalau ada situasi kerawanan cepat bergerak ke lokasi,” tutur Arie.

Pilkades Pati Serentak tahun 2021 diselenggarakan di 215 desa yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Pati. Awalnya ada 219 desa yang akan menggelar Pilkades. Namun, empat desa dinyatakan batal lantaran bakal calon kepala desa tinggal satu.

Arie mengungkapkan dari 205 desa yang menggelar Pilkades, 48 desa diantaranya dinilai rawan terjadi konflik. “Yang rawan kurang lebih 48 desa tapi saat ini masih terpantau masih kondusif,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto mengapresiasi langkah Polres Pati dalam mengamankan Pilkades Serentak 2021. Ia berharap Pilkades ini akan, damai dan berjalan dengan lancar.

“Baik sebelum pilkades, ketika pilkades dan pascapilkades. Yang rawan itu bisanya setelah pilkades, karena kemenangan itu biasanya diikuti keirian. Paling tidak yang dilakukan ini mengurangi,” pungkas Haryanto. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Amankan Pilkades, Polres Pati Siapkan 1,5 Ribu Pasukan

Komentar

News Feed