oleh

Kulit Bergelombang? Kenali Faktor dan Menghilangkan Selulit

SMJtimes.com – Selulit adalah guratan menyerupai kulit jeruk yang umumnya terlihat pada paha, lengan, pinggul, bokong, dan perut. Kondisi yang lebih parah adalah membuat kulit tampak bergelombang. Selulit sering menjadi keluhan karena mengganggu penampilan.

Selulit disebabkan oleh bermacam-macam dan sulit untuk dicegah. Mulai dari tumpukan lemak  Meski demikian, selulit dapat disamarkan dengan beragam cara dari alami hingga perawatan medis. Selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menyambungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya.

Tumpukan lemak ini mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menahannya. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang dan tidak rata. Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko mengalami selulit diantaranya:

Baca juga: Khasiat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit

  1. Jenis kelamin

Walau bisa dialami oleh siapa saja, wanita lebih berisiko mengalami selulit dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh struktur jaringan ikat wanita yang lebih mudah terisi dan diregangkan oleh lemak.

  1. Hormon

Hormon juga merupakan salah satu penyebab selulit. Hormon estrogen, insulin, tiroid, prolaktin, dan noradrenalin adalah hormon yang berperan dalam terbentuknya selulit.

Baca Juga :   7 Makanan Ini Bisa Cegah Kulit Kering

Pada wanita, hormone esterogen memiliki peran dalam mengatur penyimpanan lemak tubuh yang akan dibutuhkan selama masa kehamilan dan persalinan. Ini menyebabkan lemak secara alami menumpuk di payudara, paha, dan bokong.

Baca juga: Tips Mengatasi Kulit Kering pada Tangan

  1. Genetik

Faktor genetik juga merupakan salah satu penyebab selulit. Bila anggota keluarga Anda ada yang memiliki selulit, risiko kamu untuk mengalami selulit akan lebih besar. Hal ini karena genetik dan etnis seseorang menentukan laju metabolisme dan distribusi lemak.

  1. Usia

Pertambahan usia juga bisa meningkatkan risiko mengalami selulit. Pasalnya, lapisan kulit akan melemah, menipis, dan lebih mudah meregang seiring bertambahnya usia. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan selulit lebih mudah terbentuk dan terlihat.

Baca Juga :   5 Jenis Olahraga Efektif Membakar Lemak

Baca juga: Kulit Sehat dan Mulus dengan Diet Vegan, Begini Penjelasan Ahli

Cara Menghilangkan Selulit

Selulit umumnya bisa disamarkan atau dikurangi, tapi agak sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Jika kamu termasuk orang yang merasa terganggu dengan kehadiran selulit, ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkannya.

Cara menghilangkan selulit secara alami dengan berbagai cara untuk menyamarkan kulit dengan langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan di rumah:

  • Menurunkan berat badan dengan berolahraga dan menerapkan pola makan sehat
  • Mengenakan stocking secara teratur, untuk mencegah penumpukan cairan pada selulit yang membuatnya terlihat semakin jelas
  • Melakukan terapi pijat, agar peredaran darah lancar dan penumpukan cairan di area selulit berkurang
  • Menghentikan atau mengurangi kebiasaan merokok
Baca Juga :   Tips Aman Memanaskan Makanan untuk Dikonsumsi Lagi

Baca juga: Merawat Kulit Berminyak dengan Menghindari Produk ini

Penyebab selulit yang paling utama adalah sesuatu yang memang tidak dapat dihindari. Jadi, bisa dikatakan selulit merupakan sesuatu yang alami dan tidak perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, kamu bisa memperhalus tampilan kulit dengan cara-cara mudah di atas. Jika ingin mendapatkan pengobatan atau tindakan medis untuk menghilangkan selulit, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.(*)

Baca juga:

Komentar

News Feed