oleh

Tambal Sulam Jalan Pati-Gabus, Dewan Turut Mengawasi

Pati, SMJTimes.com – Anggaran perbaikan ruas jalan raya Pati-Gabus tahun ini hanya akan dilakukan dengan sistem tambal sulam lantaran belum ada dana anggaran khusus (DAK) untuk perbaikan secara total. Meski demikian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati akan turut memantau serta mengawasi pekerjaan tersebut.

Seperti diketahui, banyak titik di jalan raya Pati-Gabus yang mengalami kerusakan akibat banjir. Oleh sebab itu Wakil Ketua Dewan Pati Hardi turut mendampingi dinas terkait untuk memastikan perbaikan infrastruktur berjalan dengan baik.

“Kami dari Dewan Pati terus membersamai DPUTR dalam menyelesaikan perbaikan sarana dan prasarana, termasuk salah satunya jalan umum,” ungkap Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga :   Ada Prioritas Lain, Jalan Pati-Gabus Tak Dapat Anggaran

Baca juga: Tahun Ini Kerusakan Jalan Pati-Gabus Ditambal-Sulam

Pihaknya juga mendorong pemerintah kabupaten supaya segera melakukan tindakan perbaikan dengan mengoptimalkan anggaran yang ada dulu selagi dana perbaikan jalan belum dicairkan.

“Ruas jalan Pati – Gabus yang perlu segera diperbaiki dimulai dari Desa Banjarsari, Desa Gempolsari, Desa Koripandriyo, dan Gabus,” ungkap Hardi.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, ruas jalan Pati – Gabus tidak memperoleh dana alokasi khusus (DAK). Namun hanya diberikan dana untuk perbaikan jalan sementara berupa tambal sulam.

Baca juga: Hujan Masih Guyur Pati, Perbaikan Jalan Belum Bisa Dilakukan

Baca Juga :   Dewan Sidak Persiapan Pilkades, Terdapat Desa Belum Laporkan APBDes

Pasalnya, anggaran pembetonan jalan sebesar Rp200 juta per titik ruas jalan belum dapat dicairkan. Sehingga DPUTR mengantisipasi perbaikan sementara dengan menambal beberapa lubang yang ada.

“Untuk ruas jalan itu ditambal dulu hingga tahun depan. Menunggu DAK,” ungkap Hasto Utomo saat dihubungi, Jumat (5/3/2021).

Sementara itu terpantau pada hari Kamis (4/3/2021) perbaikan jalan di jalan raya Pati-Gabus sudah mulai dilaksanakan. Hingga hari ini, Sabtu (6/3/2021) masih dilakukan penambalan. Terlihat dari sebelah selatan SPBU Ngantru hingga ke arah selatan sampai Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus. (Adv)

Baca juga:

Baca Juga :   Dewan Pati Pertanyakan Tahun Ini Tak Ada Rekrutmen Guru Jalur CPNS

Reporter: Singgih Nugraha

Komentar

News Feed