Habis Makan Mengantuk? Berikut Penyebabnya

SMJTimes.com – Terkadang setelah makan kita akan merasa ngantuk, hal ini adalah wajar yang hampir dialami oleh semua orang. Fenomena ini dapat menganggu aktivitas dan menurukan konsentrasi. Maka, ketahuilah penyebab mengantuk setelah makan agar dapat kamu hindari.

Rasa kantuk kadang muncul sehabis makan, hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain konsumsi makanan atau minuman tertentu dan gaya hidup atau kebiasaan yang sering dilakukan. Untuk mencegah kondisi yang kerap mengganggu keseharian ini, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beragam faktor yang diketahui dapat memicu rasa kantuk setelah makan, antara lain:

Baca juga: Tips Menjaga Kesegaran Makanan di Dalam Kulkas

  1. Pengaruh hormon selama proses pencernaan

Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah dimakan.

  1. Perubahan aliran darah di otak

Selain faktor hormonal, perubahan aliran darah pada otak yang terjadi setelah makan juga kerap disebut sebagai penyebab munculnya fenomena habis makan ngantuk.

Komentar