oleh

Serapan APBD Pati, Dewan: Cukup Bagus di Masa Pandemi

Pati,SMJTimes.com – BPKAD Pati menyebutkan serapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2020 mencapai 95 persen. Angka ini tentunya dipengaruhi oleh pandemi covid-19.

Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso menyoroti data tersebut. Ia mengatakan kondisi tersebut cukup normal.

Baca juga: Dewan Apresiasi DPU Pati Renovasi Jalan Kayen

“Untuk serapan sampai 95 persen sebetulnya di kondisi pandemi sekarang ini dikatakan bagus walaupun idealnya SiLPA (selisih antara realisasi pendapatan dan belanja) itu 0 serapan itu 100 persen,” kata Anggota Dewan yang juga politisi di Partai PKS itu, Kamis (14/1/2021).

Narso memahami, kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah beberapa waktu lalu spontan membatasi seluruh kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga dananya tidak terserap maksimal.

Baca juga: Dewan: Pembangunan Jalan Kawasan Kayen-Sukolilo Kurang Perhatian Pemerintah

“Memang kita di awal pandemi dihadapkan dengan WFH beberapa kali. Salah satu hambatan dalam serapan anggaran,” katanya.

Ketua Fraksi NKRI DPRD Pati ini berharap meski di tahun 2021 pandemi belum berakhir, Pemerintah Kabupaten Pati bisa menyerap anggaran hingga 100 persen.

Baca juga: Menjelang Pilkades, Dewan: Perangkat Desa Tak Jadi Tim Sukses

“Belum maksimal tapi mendingan. Kita berharap meski pandemi serapannya biaa mendekati 100 persen,” kata Narso.

Berdasarkan wawancara kepada pihak BPKAD, akibat penyerapan anggaran yang kurang maksimal dan penurunan penerimaan anggaran Pemkab Pati rencananya akan melalukan improvisasi di tahun 2021.

Baca juga: Normalisasi Sungai Mangin Kayen, Dewan: Apresiasi Langkah Cegah Banjir

Diantaranya melakukan pengendalian anggaran penyertaan modal pada perusahaan daerah (BUMD), anggaran perjalanan dinas luar daerah, anggaram pembelian ATK, dan dan makan minum rapat OPD.

Dengan harapan bisa mperbaiki penyerapan anggaran. Pengendalian anggaran ini kemudian akan dievaluasi dan dikaji ulang pada rapat perubahan APBD di pertengahan tahun 2021.(Adv)

Baca juga:

Reporter : Moh Anwar

Komentar

News Feed