oleh

Dewan: Pembangunan Jalan Kawasan Kayen-Sukolilo Kurang Perhatian Pemerintah

Pati, SMJTimes.com – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Suyono menyoroti pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Kayen. Ia mengatakan Pati daerah selatan khusunya Kecamatan Kayen dan Sukolilo kurang diperhatikan drainasenya.

“Daerah Pati selatan kurang sekali, belum tersentuh drainasenya. Yang ada ya jalan aja tidak ada drainasenya. Contohnya jalan sepanjang (Desa) Beketel hingga Kayen,” kata Suyono yang juga politisi di Partai PDI itu beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menjelang Pilkades, Dewan: Perangkat Desa Tak Jadi Tim Sukses

Bukan tanpa alasan, banjir bandang dan tanah longsor sering terjadi di kedua kecamatan tersebut lantaran air hujan yang turun tak mampu tertampung maksimal dan langsung menggenangi jalan utama.

Suyono memantau sudah lebih dari 10 tahun jalan tersebut tak dilakukan perbaikan total. Diketahui bahwa area tersebut berdekatan dengan tambang galian  padas. Dengan adanya mobil-mobil proyek  yang beroperasi di area tersebut spontan membuat jalan rusak.

Baca juga: Dewan Nilai Drainase dan Trotoar Pati Kota Masih Layak

“Dengan adanya galian C ini, jika dulu jalan itu kuat. Tapi sekarang kayak kali semua. Terakhir dibagun kelihatannya 10 tahun lebih belum tersentuh,” kata Suyono.

“Mungkin dianggap jarang dilalui orang. Tapi sekarang kan Muatan-muatan galian C sudah berlalu lalang, jadi makin rusak,” lanjutnya.

Baca juga: Pelebaran Jalan Kayen-Beketel Kurang Maksimal, Dewan: Perlu Sampai Area Galian C

Anggota DPRD Fraksi PDI ini memantau pemerintah hanya menambal jalan aspal atau beton. Ia menganggap drainase asalah solusi terbaik meminimalisir bencana, bukan hanya menambal jalan.

Setiap tahunnya Suyono mengaku telah menyuarakan masukan dari warga sekitar terkait rusaknya jalan dengan harapan mendapatkan alokasi dana untuk membuat drainase mengingat banjir bandang dan tanah longsor terus mengancam saat musim hujan.

Baca juga: Dewan Pati Usul Pembangunan Jalan Beton di Kayen

“Saya prihatin sekali, saya wakil rakyat ada masukan dari  warga ya kita sampaikan dan laksanakan sesuai kemampuan kepada dinas terkait,” pungkasnya.(Adv)

Baca juga:

Reporter : Moh Anwar

Komentar

News Feed