oleh

Tingkatkan Keamanan, WhatsApp Jajal Fitur Pengenalan Wajah

SMJTimes.com – November tahun lalu menjadi awal WhatsApp versi Android meluncurkan fitur pengamanan aplikasi menggunakan sidik jari. Kini mereka mencoba melakukan pengembangan fitur keamanan dengan menjajal cara pengenalan wajah (face recognition).

Fitur baru ini pertama kali dilihat oleh situs WABetaInfo di WhatsApp beta versi 2.20.203.3 yang didaftarkan ke Google Play Beta Program. Wacananya, fitur baru ini akan membawa peningkatan untuk fitur Fingerprint Lock.

Baca juga: Hebat, Mahasiswa Semarang Ciptakan Alat Deteksi Orang Tak Bermasker

Sebelumnya, WhatsApp mengandalkan sidik jari untuk mengamkan aplikasi. Fitur tersebut diberi nama Fingerprint Lock.

Sementara melakukan uji coba fitur baru, WhatsaApp menlakukan perubahan nama menjadi Biometric Lock. Pasalnya, fitur baru ini mampu mendukung banyak cara untuk mengunci dan membuka WhatsApp.

Jika ponsel android memiliki sensor yang mumpuni, fitur face recognition bisa diaktifkan. Selain itu pengenal unik lainnya juga akan dipertimbangkan jika sidik jari atau pengenal wajah gagal.

Baca juga: Hebat, Machine Learning Bisa Terjemahkan 100 Bahasa

“Ketika diaktifkan, Anda butuh menggunakan sidik jari, wajah atau pengenal unik lainnya untuk membuka WhatsApp,” tulis deskripsi di fitur baru tersebut.

Sebelumnya, fitur ini telah dirilis untuk WhatsApp di iOS sejak awal 2019. Bahkan WhatsApp di iOS sudah mendukung Screen Lock menggunakan Touch ID dan Face ID.

Baca juga: Kalah Pamor, Yahoo Groups Gulung Lapak

Kini, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan oleh pihak WhatsApp. Selanjutnya, fitur tersebut bakal diluncurkan dalam update WhatsApp Selanjutnya.

Hingga kini, belum pasti kapan fitur Face Recognition itu akan resmi diluncurkan. Kita nantikan saja inovasi baru WhatsApp.

Baca juga: 

Artikel ini telah tayang di detikINET dengan judul “WhatsApp Uji Coba Kunci Pengenalan Wajah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *