oleh

Kasus Kian Melonjak, Kenali Aktivitas yang Berisiko Terpapar Covid-19

SMJTimes.com – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menekan penularan virus Corona.

Nah untuk berhati-hati, ketahui beberapa kegiatan yang memiliki risiko besar terjangkit virus Covid-19.

Melansir detikINET, Jumat (25/9/2020) para dokter di Texas Medical Association (TMA) telah mendaftar hampir semua aktivitas sehari-hari orang, dan memberi peringkat dari yang berisiko paling besar terkena Corona sampai yang berisiko paling rendah.

Baca juga: Kematian Covid-19 10 Ribu Jiwa, Pakar Menduga Seluruhnya Bisa 3 Kali Lipat

Aktivitas ini hampir semuanya terjadi di luar rumah. Terdapat lima kategori risiko di daftar TMA tersebut, diurutkan berdasarkan paling besar hingga paling besar.

Kegiatan yang memiliki risik kecil terjangkit Corona di antaranya membuka surat, diikuti oleh menerima makanan takeout dari restoran, mengisi bensin, bermain tenis dan terakhir berkemah.

Sementara risiko low-moderate atau agak kecil adalah belanja kebutuhan pokok, berjalan, berlari atau bersepeda dengan orang lain, bermain golf sampai berjalan di pusat kota.

Baca juga: Hati-hati, Peneliti Mengungkap Risiko Penularan Covid-19 di dalam Pesawat

Sedanglan, kegiatan yang memiliki risiko paling tinggi terjangkit virus Corona yang mendapatkan angka 9 dari skala 1 sampai 10 adalah pergi ke bar, menghadiri ibadah dengan lebih dari 500 orang, pergi ke stadion, mendatangi konser besar.

Selanjutnya dengan angka 8 risiko tinggi adalah pergi ke bioskop, pergi ke taman hiburan, olahraga di tempat kebugaran, dan makan di tempat di restoran buffet.

Mengatasi risiko tersebut, masyarakat disarankan untuk serius menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah. Di antaranya, memakai masker, rutin mencuci tangan dengan sabun atau melumuri dengan hand sanitizer.

Baca juga: Google Maps Gulirkan Fitur Tampilan Tren Kasus Covid-19 di Peta

Jika kalian menginginkan pergi tempat umum seperti halnya restoran, sangat dianjurkan untuk tidka berpindah-pindah dari meja dan selalu rajin menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan menggunakan sabun.

Jika khawatir, disarankan untuk membawa peralatan makan dari rumah, seperti sendok, garpu, maupun sumpit. Nah kalau kalian ingin membawa pulang makanan, diharapkan bungkusnya segera dibuang untuk meminimalisir terpapar virus Corona.

Tetap berhati-hati dan menjaga jarak ya.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *