oleh

Simulasi New Normal, Peziarah dari Luar Daerah Datangi Makam Sunan Muria Kudus

Kudus, Smjtimes.com – Setelah diadakannya simulasi menjelang “new normal” oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kudus, peziarah dari luar daerah Kudus mulai datangi Makam Sunan Muria.

“Sebenarnya menurut aturan protokol kesehatan inikan termasuk tempat wisata jadi kalau di bawah ditutup sebenarnya sinikan masih ditutup, cuma kemarin dalam rangka simulasi (new normal) seberapa tingkat keaktifan pengunjung pengelola dalam melaksanakan protokol, ” ujar Muhammad Affandi selaku Petugas Amanat Makam Sunan Muria.

“Ya kalau ditutup juga kasihan masyarakat sini, ” tambahnya.

Menurut Affandi meskipun dari pemerintah belum resmi dibuka, namun Makam Sunan Muria sudah mulai dibuka untuk umum. Hal itupun terlihat dari pengunjung-pengunjung yang sudah mulai berdatangan untuk berziarah dan pedagang-pedagang yang sudah membuka kembali tokonya.

Baca juga : Tumbuhkan Rasa Aman, Sektor Perhotelan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Sebelumnya telah dilakukan simulasi oleh pihak Dinas Pariwisata di Makam Sunan Muria. “Kemarin itu dilaksanakan praktik  untuk mengetahui kesiapan ini Makam Sunan Muria menerima tamu di era new normal jadi konsep konsepnya seperti apa dan penerapan protokol kesehatan, ” ujar Affandi.

“Ya pengunjung dari luar daerah sudah ada ya dari se-Karesidenan Pati kalau dari Jawa Timur, Jawa Barat belum ada, ” ujar salah satu pedagang pada Senin (29/06/2020).

Pengelola Makam Sunan Muria juga telah menerapkan sejumlah aturan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu terlihat dari adanya tempat cuci tangan di depan area makam dan di tempat wudhu. Selain itu sejumlah petugas juga terlihat menggunakan face shield.

Peziarah juga wajib dicek suhunya menggunakan thermogran saat memasuki area makam serta diwajibkan memakai masker. Untuk kuota peziarah yang memasuki area makam juga dibatasi sebanyak 50%.

Akan tetapi dikarenakan pengunjung belum banyak maka tidak ada pembatasan jumlah yang masuk ke makam. Jam berkunjung juga dibatasi pada pukul 05.30-21.00 WIB. Untuk sementara waktu pengunjung yang menginap juga tidak diperbolehkan. (*)

Baca juga : 

 

Redaktur : Dwifa Okta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *