oleh

Ganjar Ingin Produk UKM Jateng Bisa Masuk Pasar Ekspor

Wonogiri – Pelaku UKM dari 35 kabupaten/kota bersaing pamerkan produk unggulan dalam gelaran Pesta Rakyat Jawa Tengah 2019 di Kabupaten Wonogiri.

Meninjau lokasi stand pameran di Gor Giri Krida Bhakti Wonogiri, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo optimis semua produk unggulan di pameran UKM (usaha kecil menengah) bisa laku di pasar internasional.

“Banyak produk UKM Jateng yang sekarang naik kelas. Semakin tahun makin kelihatan kemajuannya,” kata Ganjar.

Pameran UKM diharapkan Gubernur menjadi sumber inspirasi para pelaku usaha untuk bisa mengembangkan dan menciptakan produk berkualitas. Karena berkaca dari beberapa produk Jateng yang sudah go internasional, peserta UKM dalam rangkaian Pesta Rakyat ini bisa tergugah untuk meningkatkan kualitas produknya.

Baca juga: Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi di Jateng, Pemprov Arahkan Orientasi Industri Ekspor

Ganjar meyakinkan bahwa pemerintah akan terus melakukan pendampingan agar produk-produk unggulan itu bisa tembus pasar dunia.

“Pendampingan dan pelatihan akan terus kami lakukan. Namun para pelaku UKM juga harus memiliki semangat untuk mewujudkan target itu,” pungkasnya.

Seperti pelaku UKM asal Wonogiri, Widiyanto (45) yang sedang merintis pasar ekspor dengan produk anyaman bambu. Ia menghasilkan produk bernilai tinggi hiasan dinding, peralatan masak. Namun untuk saat ini ia masih terkendala beberapa hal untuk mengembangkannya.

“Sebenarnya sudah banyak yang ingin membeli produk saya dari beberapa negara, tapi saya belum bisa merealisasikan. Kendalanya itu soal sumber daya manusianya, saya kekurangan tenaga untuk ekspor produk ini,” ucapnya. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *