Sering Oversharing? Berikut Cara Menghindarinya!

Perlu diketahui, di internet tidak ada yang benar-benar pribadi dan tidak ada yang benar-benar hilang. Meski telah menghapus cuitan atau postingan, tidak ada jaminan bahwa orang lain tidak me-screenshot dan menyebarkannya.

Oleh sebab itu, untuk menjaga citra diri, lebih baik hindari menggunakan media sosial saat sedang emosi.

Bersikap selektif

Tips kedua adalah menjadi selektif. Tentukan apa saja yang boleh di-posting, maupun apa yang tidak boleh dibagikan pada orang lain di internet. Sebelum mengunggah sesuatu, luangkan waktu untuk memutuskan apakah konten (foto, video dan ocehan) yang akan di-posting tidak akan mencoreng nama dan menodai privasi. Pastikan posting-an tersebut tidak mencantumkan informasi pribadi, seperti nomor telepon, alamat rumah, dan sebagainya.

Baca Juga :   Istilah-Istilah Baru yang Berkembang di Media Sosial

Jangan biarkan media sosial mengambil hidup anda

Media sosial memang alat yang berguna untuk berinteraksi dengan orang lain, sekaligus memberikan peluang untuk membuat anda menjadi tenar dan diperhatikan. Kendati demikian, hindari obsesi untuk menjadi sorotan. Jangan terlalu terpaku pada jumlah yang menyukai, komentar dan bagikan. Sering kali orang-orang hanya menyukai konten yang kontroversial.

Komentar