Sering Oversharing? Berikut Cara Menghindarinya!

SMJTimes.com – Setelah mengetahui alasan mengapa banyak orang melakukan oversharing dan apa dampaknya bagi kehidupan pribadi, berikut artikel yang akan membahas bagaimana cara menghindari oversharing di media sosial.

Oversharing merupakan tindakan saat seseorang terlalu banyak membagikan hal-hal yang termasuk ranah pribadi kepada publik, baik secara offline maupun online. Tindakan ini akan memberikan beberapa dampak yang tidak baik bagi mentalitas sesorang, seperti timbulnya kecemburuan hati, perasaan tidak percaya diri, hingga stres dan depresi. Selain itu, membagikan informasi tentang diri sendiri secara berlebihan ke khalayak ramai juga berpotensi membahayakan keamanan diri.

Oleh sebab itu, tindakan ini perlu dihindari untuk mencegah dampak buruknya. Berikut beberapa cara agar berhenti melakukan oversharing di media sosial.

Baca Juga :   Hidung Tersumbat? Kenali Penyebabnya dan Cara Meredakannya

Jauhkan media sosial saat sedang emosi

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengontrol diri anda sendiri. Caranya dengan menghentikan aktivitas media sosial saat emosi tidak stabil. Kemarahan akan membuat seseorang tidak berpikir panjang, sehingga ada kemungkinan untuk meluapkan segala emosi di akun media sosial.

Komentar