Berikut Makanan Pencegah Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

SMJTimes.com – Saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, hal yang perlu diwaspadai adalah mabuk perjalanan. Saat mabuk perjalanan, sering kali kita merasa pusing, lemas, mual hingga muntah. Tentu saja berpergian dengan kondisi seperti itu membuat tubuh terasa sangat tidak nyaman, apalagi kalau perjalanan harus menempuh jarak dan waktu yang lama.

Dilansir dari Halodoc, mabuk perjalanan merupakan salah satu efek cara kerja otak. Saat tubuh berada di kendaraan yang bergerak, otak mengirimkan sinyal kalau tubuh ikut terus bergerak. Hal ini membuat perut bereaksi, sehingga muncul rasa mual. Sementara sakit kepala dan muntah merupakan reaksi organ sensorik keseimbangan, seperti mata dan telinga yang mengirim pesan berbeda ke otak dalam waktu yang sama.

Baca Juga :   Apakah Anak dan Remaja Boleh Gunakan Produk Skincare?

Biasanya, orang yang rentan mengalami mabuk perjalanan akan mengonsumsi obat pereda mual. Namun, perlu diketahui bahwa beberapa makanan berikut ternyata dapat mencegah mabuk darat saat melakukan perjalanan.

Buah kering

Buah yang dikeringkan dapat membantu menenangkan saraf sensorik pada tubuh. Buah kering memiliki kandungan sodium tinggi. Kandungan ini disebut dapat mencegah muntah atau mabuk saat di perjalanan.

Pisang

Pisang memiliki kandungan protein dan kalium tinggi. Kandungan ini mampu membantu mengembalikan kebutuhan mineral tubuh sekaligus memberikan nutrisi. Dua buah pisang dapat membantu mengurangi mual dan memberikan energi pada tubuh selama perjalanan.

Jahe

Jahe dapat membuat indra tubuh menjadi lebih rileks saat perjalanan. Siapkan parutan jahe, kemudian campurkan dengan air hangat. Masukkan air jahe tersebut ke dalam botol untuk nantinya anda minum sebelum perjalanan.

Baca Juga :   Kenali Timbulnya Jerawat Usai Mengenakan Masker

Roti gandum

Roti gandum mudah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi roti gandum tidak membuat perut terasa penuh yang memicu rasa mual. Gandum kaya serat yang membuat anda kenyang lebih lama.

Buah rasa asam

Buah asam, seperti buah jeruk bisa menjadi pilihan untuk dimakan sebelum perjalanan jauh. Jeruk mampu mengatasi rasa mual yang muncul karena goncangan berlebihan sebagai akibat reaksi otak saat tubuh berada di medan yang terus bergerak.

Komentar