Malam Lailatul Qadar, Pandangan dari Prof Quraish Shihab

SMJTimes.com – Malam Lailatul Qadar merupakan suatu malam istimewa yang dipastikan terjadi di malam-malam terakhir bulan Ramadan. Tepatnya, tidak ada yang tahu kapan malam tersebut terjadi karena hal itu menjadi rahasia Allah SWT. Namun, pernah disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar pasti terjadi di antara 10 hari terakhir bulan Ramadan pada malam-malam ganjil.

Ditegaskan pula bahwa umat muslim perlu mengimani adanya Lailatul Qadar ini karena hal ini telah terlafaz di dalam Al-Quran. Tepatnya, ada di QS Al-Qadr yang berbunyi, “Ada suatu malam yang bernama Lailatul Qadar,” (QS Al-Qadr: 1), serta QS Ad-Dhukhan, “malam yang penuh berkah di mana dijelaskan atau ditetapkan segala urusan besar dengan kebijaksanaan,” (baca QS Ad-Dukhan: 3).

Baca Juga :   Tips Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Kantoran saat Puasa

Di dalam bukunya berjudul Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat (Mizan, 1999), seorang Ulama ahli tafsir Al-Qur’an, Profesor Muhammad Quraish Shihab bertanya tentang kebenaran tanda-tanda malam Lailatul Qadar, yakni membekunya air, heningnya malam, menunduknya pepohonan, dan sebagainya.

Komentar