Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Mental

SMJTimes.com – Ada beberapa manfaat meditasi bagi kesehatan mental yang perlu anda tahu. Yuk, simak penjelasan tentang manfaat-manfaat yang bisa didapat saat melakukan meditasi!

Meditasi dikenal sebagai aktivitas untuk menenangkan pikiran, membuat diri merasa damai dan seimbang. Aktivitas ini dinilai sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Meditasi juga dapat mengatasi stres dengan memfokuskan kembali perhatian pada sesuatu yang menyenangkan. Seseorang yang menjalani meditasi dapat berkonsentrasi dengan lebih baik, juga damai secara batin.

Dikutip dari halodoc, berikut manfaat meditasi untuk kesehatan mental;

Meningkatkan Harga Diri dan Awareness

Meditasi memungkinkan kamu untuk melakukan refleksi diri secara mendalam. Hal itu dapat membantu anda menemukan sesuatu yang positif tentang diri sendiri. Meditasi juga membantu meningkatkan kesadaran diri sendiri dan empati untuk menemukan perspektif baru dalam menghadapi suatu masalah.

Baca Juga :   Menanti Vaksinasi, Dinkes Rembang: Jangan Termakan Hoaks

Mengelola Kecemasan dan Depresi

Meditasi membantu melatih pikiran untuk fokus pada suatu situasi sekarang, sejingga anda tidak akan berfokus pada kecemasan akan peristiwa yang belum terjadi. Meditasi yang penuh perhatian mampu membantu meredakan kecemasan dan depresi. Aktivitas ini dapat menjadi salah satu cara perawatan kesehatan mental. Dengan melakukan meditasi, gangguan seperti kesulitan tidur, hilang nafsu makan dan suasana hati buruk perlahan akan berkurang.

Melawan Kecanduan

Meditasi mengubah reseptor otak yang terkait dengan obat dan alcohol. Meditasi dapat mengurangi kecanduan dan meningkatkan kesadaran, sehingga memungkinkan anda mengelola dorongan tersebut lebih baik lagi. Melatih kesadaran dapat membantu mencegah kekambuhan di masa depan bagi orang-orang yang menggunakan zat tersebut.

Baca Juga :   Hati-hati, Peneliti Mengungkap Risiko Penularan Covid-19 di dalam Pesawat

Meningkatkan Kesehatan Emosional

Aktivitas meditasi dapat meningkatkan citra diri dan pandangan hidup lebih positif. Meditasi ini juga membantu mengurangi pikiran buruk dan mengontrol respon pada situasi negatif.

Menjaga Kesehatan Memori

Meditasi dapat meningkatkan kejernihan berpikir dan menjaga memori. Aktivitas ini dapat membantu mengelola stres dan membantu dalam perawatan demensia.

Komentar