oleh

Takdir Kematian Makhluk di Bumi

SMJTimes.com– Surat Al Imran merupakan surat dalam Al Quran yang mana mengingatkan setiap makhluk hidup yang berada di bumi ditakdirkan untuk menghadapi kematian.

Dalam Al Quran sendiri, Surat Al Imran ini berada pada mushaf ke-3 termasuk dalam surat besar. Hal tersebut dikarenakan surat Al Imran ini terdiri dari 200 ayat yangmana volumenya mencakup setidaknya seperlima juz Al Quran.

Kemudian Surat Al Imran ayat 185 dari 200 ayat itu merupakan suatu pengingat bagi umat Islam;

Surah Ali Imran Ayat 185 Beserta Artinya
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Baca Juga :   Mengatasi Darah Rendah, Konsumsi Makanan Berikut

Bacaan latin: Kullu nafsin żā`iqatul maụt, wa innamā tuwaffauna ujụrakum yaumal-qiyāmah, fa man zuḥziḥa ‘anin-nāri wa udkhilal-jannata fa qad fāz, wa mal-ḥayātud-dun-yā illā matā’ul-gurụr

Artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”

Dilansir dari Detik Edukasi, terdapat tiga poin penting yang ada dalam surat Al Imran ayat 18t itu. berikut penjelaskan oleh tafsir Al Quran Kementerian Agama (Kemenag) dan tafsir Ibnu Katsir.

Komentar