oleh

Ciri-ciri Menopause pada Pria

SMJTimes.com – Sebagian pria mungkin mengalami beberapa perubahan dalam perilaku hingga metabolisme saat memasuki penghujung usia 40-an tahun atau awal 50-an tahun. Kondisi ini dikenal sebagai ‘menopause pria’.

Kondisi menopause pria dapat memunculkan gejala seperti depresi, kehilangan dorongan seksual, disfungsi ereksi, perubahan suasana hati yang cepat, hingga kecenderungan mudah marah.

Gejala lain yang bisa terjadi adalah perut membesar, payudara bertumbuh (man boobs), penurunan energi, insomnia, konsentrasi buruk, dan maslaah daya ingat jangka pendek di usia paruh baya.

Menurut National Health Service (NHS), istilah menopause pria sebenarnya tidak begitu tepat. Alasannya, istilah itu mengesankan gejala-gejala yang muncul disebabkan oleh penurunan kadar testosteron. Padahal, ini tak selalu jadi penyebabnya.

Baca Juga :   5 Cara Cegah Gula Darah Rendah

Kadar testosteron memang dapat menurun secara berkala. Penurunan ini bisa terjadi sebanyak kurang dari dua persen per tahun sejak pria memasuki usia 30 tahun. Akan tetapi, NHS menilai penurunan ini kemungkinan bukan penyebab menopause pria.

Gejala-gejala menopause pria ini kemungkinan besar disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti stres, depresi, hingga kecemasan. Masalah psikologis yang muncul ini bisa dipicu oleh pekerjaan atau masalah pribadi.

“Kecemasan terhadap apa yang telah mereka capai sejauh ini, baik pekerjaan atau kehidupan pribadi mereka, bisa berujung pada periode depresi,” ungkap NHS seperti dilansir dari laman Express, Selasa (31/5/2022).

Komentar