Agar Capaian Vaksinasi Segera Tuntas, Dewan Pati Minta Masyarakat Tak Pilih-pilih Jenis Vaksin

Pati, SMJTimes.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster memiliki dinamika yang berbeda dibandingkan dua tahap vaksinasi sebelumnya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebut, ada masyarakat yang enggan divaksin booster karena merasa tidak butuh, sementara ada masyarakat lain yang memilih-milih jenis vaksin yang menurut mereka aman.

Kepala Dinkes Kabupaten Pati dr. Aviani Tritanti Venusia menerangkan, masyarakat enggan divaksin booster karena menganggap dua dosis vaksin Covid-19 sudah cukup untuk membentuk kekebalan individu.

Agar Capaian Vaksinasi Segera Tuntas, Dewan Pati Minta Masyarakat Tak Pilih-pilih Jenis Vaksin

“Kendala banyak yang merasa tidak kemana-mana malas divaksin. Kita kan sudah vaksin dua kali. Tapi kita tetap sosialisasikan,” kata Aviani.

Dijelaskan bahwa dalam studi ilmiah rata-rata antibodi pada populasi yang telah disuntik vaksin Covid-19 bertahan dalam jangka waktu bulanan hingga tahunan. Artinya, meski sudah divaksin dua tahap tapi antibodi tetap dapat menurun.

Baca Juga :   Mahalnya Harga Bawang Merah Dikritisi Anggota Komisi B DPRD

Di sisi lain virus Covid-19 terus bermutasi. Oleh karenanya, keberadaan vaksin Covid-19 masih penting terutama untuk meminimalisir gejala yang ditimbulkan varian baru.

Komentar