oleh

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik di Pati

Pati, SMJTimes.com – Harga kebutuhan pokok jelang bulan Ramadan mulai merangkak naik di pasaran. Hal tersebut disebabkan kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang selalu digunakan oleh masyarakat.

Menurut M Nur Sukarno, Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengatakan, saat menjelang bulan suci Ramadan atau hari besar keagamaan sering terjadi lonjakan harga.

“Sebenarnya menjelang Ramadhan dan hari besar keagamaan sudah sering terjadi lonjakan harga kepokmas. Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Karena rutin terjadi tiap tahun, seharusnya itu dapat diantisipasi oleh pemerintah, baik terkait ketersediaan maupun distribusinya.,” paparnya.

Ia melanjutkan, ini perlu ada kajian yang mendalam mulai dari hulu sampai hilir dari naiknya harga Kepokmas tersebut. Kepokmas yang dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan yang mengendalikan harga adalah pedagang ataupun tengkulak. Sehingga perlu ada pengawasan di sektor tata niaganya.

Baca Juga :   DPRD Pati Imbau Pemkab Lakukan Stabilisasi Harga Pangan

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik di Pati

“Kepokmas dari pabrikan seperti minyak goreng, gula, terigu dan yang lainnya sebenarnya lebih mudah pengendaliannya, karena sumber pasokannya kan sudah jelas,” ujarnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Ia menegaskan salah satu sebab kenaikan harga yakni meningkatnya permintaan konsumen, kenaikan biaya distribusi, dan psikologi pasar menjelang bulan suci Ramadan. Indikasinya, sebulan menjelang bulan suci ini harga Kepokmas di pasar tradisional sudah mengalami kenaikan.

“Saya harap pemerintah juga mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok serta menjaga ketersediaan dan distribusi dengan menugaskan BUMN dan melaksanakan operasi pasar, sehingga harga masih bisa terkendali dan terjangkau oleh masyarakat,” tegasnya.

Sebagai informasi, jika kembali ke hukum ekonomi, harga memang akan naik ketika permintaan yakni kebutuhan masyarakat lebih tinggi daripada penawaran. Maka, ada dua pihak yang berperan penting di sini, yaitu peran masyarakat dari sisi permintaan dan peran pemerintah dari sisi penawaran. (*)

Baca Juga :   Terpilih Jadi Anggota Dewan, Endro Berjanji Akan Bekerja Keras

Komentar

News Feed