oleh

Harga Kebutuhan Pokok di Ramadan Tahun Ini Stabil

Pati, SMJTimes.com – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati memastikan ketersediaan pangan di pasar hingga hari raya idulfitri masih aman.

Kasi Distribusi dan Informasi Perdagangan pada Disdagperin Pati bahkan menyebut harga kebutuhan pangan masyarakat di ramdahan tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin.

“Ketersediaan pangan bahan pokok sementara ini aman, lancar, harga terkendali. Tiap hari dipantau pasarnya. Untuk kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) selain kita rekap juga ditampilkan dalam video tron di Kodim dan Polres,” kata Kuswantoro, Kabid Perdagangan, Selasa (27/4/2021).

“Kami pastikan ketersediaannya cukup. Kalau tahun ini operasi pasar belum ada wacana,” Kasi Distribusi dan Informasi Perdagangan, Suwardi menambahi.

Baca Juga :   Pemprov Jateng Targetkan Sudah Miliki BUMD Migas Pada Desember 2019

Perlu diketahui, di Ramadan tahun lalu harga gula dan beras sempat tidak stabil sehingga Disdagperin Pati dituntut lakukan operasi pasar.

Dari pantauan Disdagperin per tanggal 27/4/2021, harga beras di pasar masih di angka Rp9-10 ribu per kilo untuk kualitas premium, sementara gula pasir di harga Rp13 ribu per kilo untuk kualitas medium.

Minyak goreng terpantau di harga Rp14-15 ribu tergantung merk. Di komoditas daging sapi murni diharga Rp105 ribu perkilo, sanding lemur Rp40 ribu per kilo, sedangkan daging sapi tetelan di harga Rp75 ribu.

Selanjutnya, untuk daging ayam boiler perkilonya dihargai  Rp38 ribu dan ayam kampung Rp80 ribu per kilo gram. Sementara telur ayam ras harganya terpantau turun dari Rp25 ribu di tanggal (26/4) menjadi Rp24 ribu per kilo.

Baca Juga :   DPRD Pati Imbau Tempat Hiburan Malam Tutup Selama Ramadan

Sedangkan, untuk bumbu dapur seperti cabai dan bawang harganya terpantau naik turun, meski tak signifikan. Seperti cabai merah kriting, dari harga Rp28 ribu di tanggal (26/4) menjadi Rp27 ribu. Cabai merah besar dari Rp45 ribu di tanggal (24/6) menjadi Rp50 ribu.

Juga bawang merah lokal dari Rp24 ribu naik menjadi Rp26 ribu. Sementara bawang putih stabil harganya diangka Rp28 ribu per kilo.(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Ketersediaan Aman, Harga Kepokmas Ramadan Lebih Stabil Dibanding Tahun Lalu

Komentar

News Feed