oleh

Dewan Pati Imbau Masyarakat Waspada DBD

Pati, SMJTimes.com – Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Muntamah mengimbau masyarakat agar tetap waspada adanya DBD.

Demam Berdarah Dengue (DBD) sering menyerang dikala musim penghujan. Sebab, saat itu kerap muncul genangan air yang menjadi tempat nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit itu untuk berkembang biak

Ia mengatakan DBD merupakan salah satu penyakit yang menjadi ancaman serius bagi masyarakat karena saat ini masih musim penghujan.

“Saat ini masih musim hujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati diharapkan segera mengambil kebijakan cepat untuk mengatasi persoalan penyakit DBD,” ujarnya kepada Mitrapost.com melalui telepon belum lama ini.

Dia melanjutkan, butuh perhatian khusus untuk menangani penyakit DBD. Oleh karena itu, Pemkab Pati melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) agar memasifkan sosialisasi tentang pencegahan penyakit DBD kepada warga Kota Bumi Mina Tani.

Baca Juga :   Dewan Minta Pemkab Perbaiki Fasilitas Wisata Guna Tingkatkan Wisatawan

Dewan Pati Imbau Masyarakat Waspada DBD

“Saya kira sosialisasi secara masif perlu dilakukan. Memang saat ini sedang ada Covid-19, tetapi jangan sampai menjadi halangan Pemkab Pati untuk melaksanakan sosialisasi,” jelasnya.

Kemudian melakukan pengasapan (fogging) ke beberapa titik yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

“Memang fogging itu langkah terakhir dan kurang efektif. Selain kurang efektif, fogging juga membutuhkan banyak biaya maupun tenaga khusus,” kata politikus Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Dia mengimbau kepada masyarakat agar lebih menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan 3M plus yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas plus mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk.

Sementara itu, tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak biasanya potongan bambu, daun talas, sampah botol plastik, dan sampah kaleng yang tergenang air. (*)

Baca Juga :   Atlet Tenis Muda Pati Maju Kejurnas Bola Tenis

Komentar

News Feed