oleh

Banyak Keluhan, Bangunan Liar di Kali Juwana Pati akan Dibongkar

Pati, SMJTimes.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati dalam waktu dekat akan merobohkan bangunan liar di Sempadan kali Silugonggo yang terletak di Kecamatan Juwana.

Penertiban bangunan akan difokuskan pada bantaran sungai di sepanjang Desa Kebonsawahan, Kecamatan Juwana.

Kasatpol PP Kabupaten Pati Sugiyono memaparkan bangunan-bangunan liar yang dimaksud menyalahi aturan. Selain berada di bantaran kali yang tak sesuai peruntukannya, pemilik bangunan juga tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Delapan bangunan liar di Juwana pekan ini akan kami bongkar. Menunggu rapat koordinasi dulu,” ujar Sugiyono saat ditemui awak media di Pendopo Kabupaten Pati kemarin, Selasa (15/2/2022).

Sugiyono menambahkan, mayoritas bangunan di area tersebut digunakan untuk ruko usaha kecil-kecilan seperti tambal ban dan kelontong.

Baca Juga :   Pelepasan Ribuan Benih Ikan di Pati oleh Wagub Jateng, Dewan: Peduli Ekosistem

Ia menegaskan jika sebelumnya Pemkab Pati telah memberikan peringatan kepada pengelola dan menyarankan untuk membongkar secara mandiri. Namun karena tidak dihiraukan, pihak Satpol PP terpaksa membongkar secara paksa.

“Minggu lalu sudah kami beri kesempatan untuk membongkar secara mandiri. Tetapi tidak diindahkan,” kata dia.

Perlu diketahui sebelumnya, sejumlah pihak telah mengadukan oknum pemilik bangunan ilegal di sepanjang kali kepada pemerintah daerah karena bangunan usaha di bibir sungai mempersempit sungai dan merusak ekosistemnya.

Bukan hanya di lingkungan Kecamatan Juwana melainkan seluruh bangunan liar yang berdiri di sepanjang kali Silugonggo seperti Jakenan, Gabus, dan sebagainya.

“Di tepi kali, itu kan ada garis sempadan kali. Kalau garis itu dipenuhi bangunan, jelas itu akan mengurangi arus sungai.  Seperti di Juwana, lambiran kali dibanguni akhirnya akan menjadi sempit, ” Ujar Sunadi, ketua komunitas Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampi Sawan) Pati. (*)

Baca Juga :   Dewan Pati Beri Tanggapan Naiknya Harga Daging Ayam

Komentar

News Feed