oleh

Pertumbuhan Ekonomi, DPRD Pati Minta Pemda Gali Potensi Lokal

Pati, SMJTimes.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Nur Sukarno berharap pemerintah daerah (Pemda) Pati untuk mengikuti tren pertumbuhan ekonomi nasional

“Target prediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun ini naik, ini merupakan prediksi optimis pemerintah kalau pandemi Covid-19 sudah berakhir. Kondisi perekonomian di Kabupaten Pati diharapkan juga harus mengikuti tren kenaikan pertumbuhan ekonomi nasional, ” ujar Sukarno kepada SMJTimes.com, pada Sabtu (15/01/22).

Sukarno menyadari bahwa perbaikan perekonomian bisa tercapai dengan penanganan kasus aktif Covid-19, kendati demikan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kabupaten Pati juga diharapkan menggali potensi lokal yang bisa dikembangkan tahun ini.

Lebih spesifik Sukarno menganjurkan agar Pemkab menggenjot sektor pangan diantaranya pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan. Pasalnya, ia menilai hampir selama dua tahun masa pandemi sektor pangan produktivitasnya tidak terdampak bahkan surplus.

Baca Juga :   Gagal Lolos PPPK, Guru SDN Sidokerto 01 Wadul ke Dewan

Pertumbuhan_Ekonomi,_DPRD_Pati_Minta_Pemda_Gali_Potensi_Lokal

” Pertanian, perikanan, pertenakan, perkebunan, sesuai tag line Kabupaten Pati Bumi Mina Tani, hasil komoditas 4 sektor tersebut termasuk kebutuhan pokok masyarakat Indonesia sehingga seiring pertumbuhan ekonomi nasional yang meningkat otomatis daya beli masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sembako akan naik juga sehingga permintaan hasil 4 komoditas tersebut akan naik juga,” imbuh anggota dewan dan politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu.

Selebihnya daerah bisa meningkatkan lapangan pekerjaan melalui sektor perindustrian. Termasuk melalui strategi investor dari luar negeri agar mau membuat lapangan pekerjaan dan menampung pekerja lokal.

“Pemerintah daerah harus memfasilitasi proses usaha di empat sektor tersebut, selain itu tetap menarik investor yang mampu menampung tenaga kerja atau investasi padat karya, ” kata Sukarno. (*)

Baca Juga :   Hari Kemerdekaan RI ke-76, 184 Napi Lapas Pati Kantongi Remisi

Komentar

News Feed