oleh

Wabup Rembang Gus Hanies Ungkap Sosok KH Yahya Cholil Staquf

Rembang, SMJTimes.com – Moch. Hanies Cholil Barro’ yang merupakan Wakil Bupati Rembang mengungkap sosok KH Yahya Cholil Stafuq.

Perlu diinformasikan, pria yang akrab disapa Gus Hanies itu merupakan adik ke-7 dari KH Yahya Cholil Stafuq atau Gus Yahya.

Sebagai bagian dari anggota keluarga, ia menaruh harapan besar kepada Gus Yahya yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Gus Hanies bangga pada sang kakak. Dirinya juga mendoakan agar sang kakak mampu mewujudkan cita-cita para kiai dalam merubah peradaban dunia.

Terpilihnya KH Yahya Cholil Stafuq sebagai Ketua Umum PBNU dalam Muktamar NU 2021 membawa harapan besar terutama dalam merapikan struktur ketatanegaraan melalui NU sebagai pemantik.

Baca Juga :   Peringati HSN 2021, Pemkab Rembang Adakan Upacara

Menurut Gus Hanies, sang kakak sudah aktif dalam berbagai kegiatan NU sejak dirinya masih duduk di bangku SMP.

“Secara struktural, setahu saya sejak Gus Dur jadi Ketua PBNU, beliau sudah berkecimpung (di kegiatan NU). Karena dia kan mondok dari SMP di Krapyak, Jogja. Jadi sejak di Jogja itu sudah ikut muktamar,” ungkapnya, Senin (27/12/2021).

KH Yahya Cholil Stafuq merupakan putra dari salah satu tokoh pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Muhammad Cholil Bisri. Gus Yahya adalah anak pertama dari delapan bersaudara.

Sebagai anak pertama, Gus Yahya merupakan sosok kakak, ayah, sekaligus guru bagi adik-adiknya. Dirinya memiliki karakter yang sederhana dan kalem, namun tetap tegas.

Baca Juga :   Bupati Rembang Optimis PPKM di Rembang Jadi Level 1

“Sejak Abah (ayah) meninggal di tahun 2004. Mas Yahya jadi tumbuh bukan hanya sebagai kakak, namun ayah sekaligus guru bagi kami. Sosok yang sederhana namun tegas dalam meraih cita-citanya,” kata Gus Hanies pada awak media.

Dengan dilantiknya sang kakak, dirinya mendoakan kesehatan dan kelancaran karir KH Yahya Cholil Stafuq dalam mengemban tugasnya untuk menjadikan NU lebih mendunia. (*)

Komentar

News Feed