oleh

Pati Raih Penghargaan Kategori Smart Society Terbaik

Pati, SMJTimes.com – Program Smart City Kabupaten Pati mendapat atensi tingkat nasional. Baru-baru ini aplikasi website Pati Santun mendapat penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Pati memenangkan kategori Kabupaten/Kota terbaik Dimensi Smart Society 2021 dalam ajang Smart City Converence yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Provinsi Banten beberapa waktu lalu.

“Evaluasi tahunan untuk Smart City sudah dilakukan di BSD Tangerang Selatan. Hasilnya, alhamdulillah Pati mendapat penghargaan Smart Society dengan aplikasi Pati Santun. Aplikasi tersebut saar ini diampu oleh Dinas Sosial (Dinsos),” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto saat ditemui di kantornya, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga :   Kabupaten Pati Masuk Penerapan PPKM Level 2

Pati Santun merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat mengajukan permohonan santunan kematian melalui sambungan internet.

“Ini aplikasi web mempermudah masyarakat mengajukan santunan kematian. Yang awalnya lewat proposal, kini pemerintah mencoba mempermudah prosesnya,” terang Indriyanto.

Indriyanto menerangkan, selain Pati Santun dalam Smart City Converence, Kabupaten Pati juga mengikutsertakan aplikasi unggulan Kota Pintar di lima dimensi lainnya.

Diantaranya, ada dimensi Smart Governance ada SIM ULP PBJ, sebuah aplikasi mobile untuk memproses pra dan pasca lelang.

Di dimensi Smart Economy ada SIPIPA yang merupakan aplikasi untuk mempermudah pembayaran lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana. Selain mencatat keluar masuk dana, aplikasi ini juga digadang-gadang mampu mengurangi potensi tunggakan kredit.

Baca Juga :   Pemkab Pati Rogoh Rp2 Miliar Untuk Renovasi Masjid Agung

Selanjutnya di dimensi Smart Living terdapat aplikasi Kir Online bernama Spion di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati. “Dengan aplikasi ini Kir bisa dilakukan online tidak perlu  datang ke Dishub,” imbuh Indriyanto.

Ada juga dimensi non digital Smart Branding untuk Agrowisata Jolong dan Smart Enviroment untuk Bank Sampah Induk.

Berbagai program tersebut masih berjalan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Setiap tahunnya selalu diperbarui dengan menyesuaikan perkembangan teknologi. (*)

Komentar

News Feed