oleh

Surah Nuh, Perbanyak Istigfar Sejahterakan Hidup

SMJTimes.com – Surah Nuh ayat 10-12 mempunyai kandungan tentang keutamaan dibalik memohon ampun melalui istigfar. Dengan memperbanyak istigfar, sejahteralah hidup.

Dikutip dari buku Tuhan, Tunggu Sebentar Lagi karya Muhammad Syafi’ie el- Bantanie dan Ustaz Abu Fitran, salah satu tokoh ulama besar sekaligus murid para sahabat nabi yang bernama Imam Hasan Al Bashri menasihati para sahabatnya yang mengeluhkan keadaan mereka.

Mereka mengeluh tentang kemiskinan, hasil panen yang tidak memuaskan, dan ladang yang kering. Imam Hasan menjawab yang seragam untuk keluhan mereka.

 

Imam Hasan menuturkan bahwa mereka harus memperbanyak istigfar dan memohon ampun kepada Allah sebagaimana dijelaskan dalam surah Nuh ayat 10-12.
Bacaan Surah Nuh Ayat 10-12, Latin, dan Artinya

Baca Juga :   Waspada Penyakit Tumor Otak, Kenali Gejalanya

(10) فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
(11) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
(12) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Bacaan latin: fa qultustagfirụ rabbakum innahụ kāna gaffārā. yursilis-samā`a ‘alaikum midrārā. wa yumdidkum bi`amwāliw wa banīna wa yaj’al lakum jannātiw wa yaj’al lakum an-hārā

Artinya: maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”

 

Berdasarkan dari tafsir Al Quran Kemenag, konteks ayat tersebut merujuk pada seruan Nabi nuh untuk umatnya. Seruan tersebut bertujuan agar mereka memohon ampun kepada Allah atas dosanya yang menyembah berhala.

Baca Juga :   Minyak Goreng Langka, Pemerintah Perlu Atur Ketersediaannya

Selain itu, Nabi Nuh menyampaikan janji Allah SWT kepada umat yang bersedia bertaubat. Berikut isi janji Allah SWT dalam surah Nuh ayat 10-12;

Allah akan menurunkan hujan lebat yang akan menyuburkan tanah mereka dan memberikan hasil yang berlimpah sehingga mereka akan makmur
Allah akan menganugerahkan kepada mereka kekayaan yang berlimpah
Allah akan menganugerahkan anak-anak yang banyak untuk melanjutkan keturunan mereka, sehingga tidak punah
Allah akan menyuburkan kebun-kebun mereka, sehingga memberi hasil yang berlimpah
Allah akan memberi mereka sungai-sungai dan irigasi untuk mengairi kebun-kebun mereka, sehingga subur dan hijau

Janji Allah yang disebutkan Nabi Nuh sangat sesuai dengan kondisi mereka, namun hal tersebut tidak menarik hati kaum Nabi Nuh.
“Akan tetapi, janji Allah itu tidak menarik hati mereka sedikit pun. Hal ini menunjukkan keingkaran mereka yang sangat hebat,” bunyi penafsiran Kemenag.

Baca Juga :   Cegah Alih Fungsi Lahan, Pati Petakan KP2B

Surah Nuh ayat 10-12 ini memperkuat kedudukan istigfar yang dapat mempermudah rezeki seseorang. (*)
Artikle ini telah tayang di Detik Edukasi dengan judul “Surah Nuh Ayat 10-12: Banyak Istigfar, Banyak Rezeki”

Komentar

News Feed