oleh

Enam Hektar Lahan Digunakan untuk Relokasi Korban Semeru

Lumajang, SMJTimes.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq siap menggunakan tanah milik perkebunan seluas enam hektar guna relokasi korban erupsi Gunung Semeru

Penggunaan lahan perkebunan seluas enam hektar itu dengan mempertimbangkan jumlah pengungsi lebih dari 2.000 kepala keluarga ditambah fasilitas umum yang bakal menjadi sarana pendukung.

“Tentu luasannya disesuaikan dengan kebutuhan. Kan 2.000 kepala keluarga lebih yang terdata masyarakat yang terdampak, kira-kira butuh sekitar 6 hektar,” ujar Thoriqul Haq di Lapangan Desa Penanggal, Candipuro, Lumajang, Jumat (10/12/2021).

“Karena yang dibutuhkan tersebut pemukiman yang representatif, kebutuhan lain, soal air minum, listrik, tempat ibadah untuk persiapan relokasi,” imbuhnya. 

Menurut Thoriqul, relokasi menjadi keputusan terbaik dengan didukung keinginan para warga korban erupsi. 

Baca Juga :   Komitmen KRI Yos Sudarso Menjaga Kedaulatan serta Keamanan Perairan NKRI

Sehingga relokasi memang menjadi opsi yang akan ditempuh oleh Pemkab Lumajang.

“Lahan areanya sudah ada yaitu milik Perhutani. Tinggal berkeputusan tempat dimana yang paling strategis dari sekian area lahan perhutani di Kecamatan Candipuro ini,” jelasnya. 

Beberapa desa yang bersebelahan dengan Perhutani, antara lain, Desa Penanggal, Sumberwuluh, Sumber Mujur tengah diinventarisir dan dalam waktu dekat diputuskan titik lokasinya.

“Sehingga kita bisa mulai melakukan penataan permukiman,” pungkasnya. (*)

Komentar

News Feed