oleh

Banyak Pemain Keturunan di Skuad The Azkals, Ini Penyebabnya

SMJTimes.com – Negara Filipina memiliki keistimewaan yang tak dimiliki negara Asia Tenggara lain. Keistimewaan itu adalah memperbolehkan warganya memiliki kewarganegaraan ganda.

Sebagai contoh, seorang anak lahir di Inggris dan orang tuanya merupakan warga Filipina. Anak tersebut diakui hukum sebagai warga Inggris. Di saat bersamaan, pemerintah Filipina juga mengakui kewarganegaraan anak tersebut melalui asas ius sanguinis atau kewarganegaraan dari keturunan. Hal itu membuat warga Filipina aman soal status kewarganegaraan mereka sebelumnya.

Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh industri persepakbolaan negara kelahiran Manny Pacquiao itu.

Kini persepakbolaan Filipina maju pesat dengan hadirnya pemain keturunan asal negara lain, khususnya Eropa. Bahkan, kini mereka menduduki peringkat 126 FIFA, atau peringkat 3 teratas di antaranya tim Asia Tenggara lainnya, yakni Thailand dan Vietnam.

Baca Juga :   Menyibak Perjalanan PSG sampai Liga 2

Tak jarang pemain dengan wajah barat banyak mendominasi skuad Filipina pada ajang Piala AFF 2020.

Berdasarkan situs resmi Piala AFF 2020, ada 20 nama pemain keturunan yang masuk di daftar pemain Timnas Filipina. Selain 20 nama pemain keturunan tersebut, satu lainnya merupakan pemain naturalisasi. Ia adalah Bienvenido Maranon yang merupakan pemain 35 tahun kelahiran Spanyol.

Maranon dinaturalisasi oleh Filipina pada Juli 2020. Penyerang berusia 35 tahun itu dinaturalisasi setelah tampil menawan bersama klub United City.

Beberapa tahun lalu, tim berjuluk The Azkals sempat diisi oleh kiper kelahiran Inggris, Neil Etheridge. Pada tahun 2018, Neil Etheridge berseragam Cardiff City dan merasakan atmosfer Liga Inggris. Sekarang, ia bergabung dengan Birmingham City.

Baca Juga :   Bela Jateng di PON Papua 2020, Pati Bakal Kirim Atlet

Neil Etheridge tak perlu melepas paspor Inggrisnya meski bergabung dengan Timnas Filipina.

Jauh ke belakang, sempat pernah ada pemain fenomenal dari Filipina pada ajang Piala AFF 2010. Mereka adalah Younghusband bersaudara, Philip dan James.

Sosoknya sempat tenar di kalangan penggemar sepakbola Tanah Air karena kala itu Timnas Filipina berjumpa dengan Indonesia di semifinal Piala AFF 2010. (*)

 

Komentar

News Feed