Upaya Rembang untuk Meregenerasi Perajin Batik

Rembang, SMJTimes.com- Kuswandi, Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan UKM Disperindakop Dan UKM Rembang menyatakan bahwa ketersediaan perajin batik di Rembang masih cukup. Program regenerasi batik yang dicanangkan pemerintah menurutnya cukup berhasil.

Hal ini dibuktikan dengan aktifnya 175 perusahaan batik se-Kabupaten Rembang. Permintaan batik Rembang juga terus mengalami peningkatan seiring dikukuhkannya Kabupaten Rembang sebagai kota fashion oleh Gubernur Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu.

“Di Rembang pengusaha batiknya ada 175 hampir 200 an. Belum pekerjanya. Di sektor batik sepengamatan kami bagus ketersediaannya , tapi ini kan masih pandemi secara omzet turun tapi secara keseluruhan masih aman,” terang Kuswandi kepada SMJTimes.com saat ditemui di kantor Disperindakop Dan UKM Rembang hari ini, Jumat (19/11/21).

Baca Juga :   500 Pemudik di Jabodetabek akan Dibiayai Pemkab Pati

Upaya Rembang Untuk Meregenerasi Perajin Batik

Kendati demikian, terangnya regenerasi pembatik di Rembang masih menjadi perhatian pemerintah setempat. Pasalnya sebagian besar pembatik di Rembang telah berusia lanjut, oleh karenanya untuk meregenerasi para perajin batik Pemerintah Kabupaten menerapkan beberapa program.

Komentar