oleh

Dinsos PPKB Rembang Kreasikan Rengginang dengan Berbagai Rasa

Rembang, SMJTimes.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) Kabupaten Rembang melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Sejahtera (PPPAKS) berdayakan perempuan Rembang untuk ciptakan berbagai produk olahan khas Rembang.

Dalam presentasinya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan pada hari Kamis (4/11/2021), Dinsos PPKB Kabupaten Rembang memaparkan perempuan miskin yang tidak memiliki penghasilan menjadi fokus utama dalam pemberdayaan perempuan.

Kepala Bidang (Kabid) PPPKAS Dinsos PPKB Kabupaten Rembang, Budi Asih mengatakan pihaknya bukan hanya memfasilitasi pendanaan tetapi juga memberikan pelatihan bagi perempuan di Kabupaten Rembang.

Pengarustamaan gender yang akhir-akhir ini menjadi salah satu fokus utama di Kabupaten Rembang melatarbelakangi peningkatan terhadap pemberdayaan perempuan. Dinsos PPKB Kabupaten Rembang mengupayakan agar perempuan juga mempunyai penghasilan, apalagi di era pandemi seperti sekarang.

Baca Juga :   15 Tim Komando Relawan BPBD Rembang Siap Diterjunkan

Dinsos PPKB Rembang Kreasikan Rengginang dengan Berbagai Rasa

 

Budi Asih bersama stafnya melakukan berbagai upaya yang dapat meningkatkan produktivitas perempuan di Kabupaten Rembang. Upaya tersebut berhasil menciptakan berbagai produk olahan khas Rembang.

Salah satu produk olahan tersebut yaitu Rengginang yang diolah dengan berbagai rasa. Rasa-rasa tersebut mengikuti perkembangan musim ikan di Rembang.

Berkat inovasi tersebut, produk rengginang diminati oleh mancanegara. Salah satunya Jerman yang langsung memborong ratusan rengginang ketika tim PPPAKS Rembang mempresentasikannya saat ajang pemilihan perempuan inspirator di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Rengginang ini menjadi salah satu produk kami yang diminati oleh orang Jerman. Kemarin Mbak Zaenab (salah satu staf Dinsos PPKB) yang mempresentasikan rengginang, dan alhamdulillah beliau juga dianugerahi sebagai perempuan inspirator. Lombanya kemarin waktu masih pandemic, “ ujar Budi Asih.

Baca Juga :   Bangunan Kios Baru di Lasem Roboh

“Kami terus melakukan inovasi agar produk kami dilirik oleh masyarakat luar. Akhirnya kami berhasil menciptakan rengginang dari berbagai rasa ikan. Ada cumi, ikan tengiri, dan lain-lain. Sesuai dengan musimnya saja,” kata Zaenab salah satu staf bidang PPPAKS Dinsos PPKB Kabupaten Rembang.

Pihak Dinsos PPKB Kabupaten Rembang berharap adanya perempuan yang mengikuti pelatihan pemberdayaan tersebut menjadi semangat baru untuk pihaknya dalam menanggapi persoalan pengarustamaan gender tersebut. (*)

Komentar

News Feed