oleh

BPBD Pati Imbau Warga di Lereng Muria Waspada

Pati, SMJTimes.com – Saat ini wilayah Kabupaten Pati sudah merasakan fenomena La Nina, hal ini ditandai dengan curah hujan yang mulai bertambah. Meskipun tidak sebesar Jawa Tengah bagian barat dan selatan, seperti Wonosobo, Banjarnegara, dan Banyumas.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya. Ia mengatakan untuk wilayah Kabupaten Pati di bulan November ini sudah merasakan fenomena La Nina.

“Wilayah Kabupaten Pati pada November ini sudah merasakan fenomena La Nina dan diperkirakan nanti puncaknya sampai Januari 2022,” ungkapnya kepada SMJTimes.com saat ditemui di kantornya, Sabtu (13/11/2021).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Muria untuk waspada terhadap curah hujan yang deras dengan durasi lama.

Baca Juga :   Mengenal Lebaran Ketupat yang Menjadi Tradisi Masyarakat Jawa

“Masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Muria, seperti Kecamatan Cluwak, Gunungwungkal, Gembong, Dukuhseti dan Tlogowungu perlu waspada karena di beberapa di titik itu rawan banjir bandang maupun tanah longsor,” jelasnya.

Pihaknya sudah memberikan surat kepada setiap kecamatan untuk kesiapsiagaan. Supaya pihak kecamatan segera mensosialisasikan kepada pihak desa untuk menyiapkan alat-alat siaga bencana.

“Misalkan, ada bencana di desa tersebut, Desa sudah siap dengan bencana tersebut sebab sudah menyiapkan alat siaga bencana,” paparnya. (*)

Komentar