oleh

Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinarpus Rembang akan Gelar Lomba Bercerita

Rembang, SMJTimes.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Rembang akan menyelenggarakan lomba mendongeng atau bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD). Sedianya acara ini akan digelar pada bulan Desember mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Dinarpus Kabupaten Rembang, Bimo Ariwibowo mengatakan lomba mendongeng akan digelar secara virtual untuk menghindari kerumunan selama masa perlombaan.

Lomba akan diikuti oleh 229 lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten Rembang. Seleksi lomba akan diadakan oleh masing-masing kecamatan di Kabupaten Rembang. Kemudian, para juara kecamatan akan dipertandingkan kembali di tingkat kabupaten.

“Di 2021 kita mau gelar lomba bercerita di Desember secara online. Kita akan melibatkan SD di Kecamatan,” kata Bimo saat diwawancara SMJTimes.com saat ditemui di kantornya, Selasa (9/11/2021).

Baca Juga :   Bupati Rembang Sayangkan Pinjaman Modal UMKM Belum Terserap Maksimal

Tumbuhkan Minat Baca Anak, Dinarpus Rembang akan Gelar Lomba Bercerita

Lomba ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca anak usia SD sembari mencari talenta-talenta pendongeng Rembang untuk dilombakan di ajang mendongeng tingkat provinsi dan nasional tahun depan.

Bimo mengaku, para pembaca cerita atau pendongeng usia anak dari Rembang cukup diunggulkan di tingkat Jawa Tengah. Di tahun 2019 lalu, Rembang sempat memenangkan juara empat lomba mendongeng tingkat nasional.

Sayangnya, saat pandemi prestasinya menurun lantaran para siswa di Rembang tidak terbiasa monolog di depan kamera.

“Baru tahun ini (2021) aja yang kita nol prestasi. Karena ajang lomba dongengnya tidak secara langsung, tapi virtual. Jadinya  kurang maksimal. Karena kemarin kendala videonya kurang bagus. Kalau secara langsung se-Provinsi Jawa Tengah kumpul menyaksikan, saya yakin ada harapan,” kata Bimo.

Baca Juga :   Kepolisian Resor Rembang Gelar Operasi Zebra Candi 2021

Bimo berharap situasi pandemi Covid-19 di Rembang semakin membaik sehingga lomba mendongeng bulan depan bisa terselenggara seperti yang direncanakan. Lebih-lebih tahun depan pihaknya dapat kembali merebut juara di lomba mendongeng tingkat provinsi. (*)

Komentar

News Feed