oleh

Jemaah Pati Berangkat Umrah Paling Cepat Pertengahan November

Pati, SMJTimes.com– Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati Abdul Hamid mengungkapkan, manual teknis pemberangakatan jemaah umrah ke Arab Saudi rambung minggu depan.

Bila kondisi membaik para jemaah tanah air bisa berangkat ke tanah suci pada pertengahan bulan November mendatang.

“Secara teknis belum bisa berangkat tapi Saudi memperbolehkan. Tapi saya berharap pertengahan November bisa berangkat. Mungkin minggu depan paling lambat kesepatakan bisa disimpulkan,” ujar Abdul Hamid saat ditemui di kantornya hari ini, pada Jumat (5/11/21).

Ia menerangkan saat ini masih dilakukan penyesuaian kebijakan antara Kemenag dan Kemenkes terkait memberangkatkan para jemaah.

Kebijakan tersebut diantaranya mengenai vaksin booster atau vaksin ketiga yang akan digunakan untuk memvaksin para jemaah. Apakah menggunakan jenis Moderna, Pzifer, atau Astrazeneca.

Baca Juga :   Disinyalir Penyebab Banjir, Dewan: Galian Ilegal Harus Diproses Hukum

Kedua mengenai lamanya waktu karantina jemaah di UPT Asrama Haji Embarkasi di Jakarta sebelum dan sesudah menjalankan umrah.

“Kemenkes menyarankan lima hari sebelum berangkat dan setelah pulang ke tanah air. Karantinanya di asrama haji Pondok Gede. Tapi berapa lama masih di kordinasikan. Soalnya ada juga wacana cuma dua hari lalu ada tes PCR,” imbuh Hamid.

Info terakhir yang disampaikan Hamid, untuk mempermudah checking para jemaah nantinya pemberangkatan akan dilakukan melalui  satu pintu  yakni dari Bandara Internasional Sukarno Hatta, Jakarta.

Di Kabupaten Pati Hamid menyebut belum ada jemaah yang berkeinginan pergi umrah dalam waktu dekat mengingat rumitnya persyaratan yang diterapkan.

Kendati demikian animo masyarakat untuk berumrah tahun depan sudah mulai ada. Dibuktikan dengan biro travel yang melaporkan sudah mulai dapat pesanan.

Baca Juga :   Lima Orang dari Bengkulu ke LI, Tak Dapati PSK Tapi Malah Polisi

“Kebetulan hasil pendataan yang kita lakukan kemarin jemaah kita di kantor PPIU Kabupaten Pati aman-aman saja. Setelah ada berita ramai ada pembukaan umrah. Banyak yang melakukan pendaftaraan ke kantor travel biro umrah yang ada di beberapa cabang Kabuapten Pati,” tandas Hamid. (*)

Komentar

News Feed