oleh

150 Desa di Pati Telah Terima BLT Dana Desa

Pati, SMJTimes.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2021 telah disalurkan sampai akhir Oktober lalu.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana dan Pelayanan Dana Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Nilam Ristiana, BLT Dana Desa untuk bulan ke-sepuluh sudah disalurkan ke-150 desa di Kabupaten Pati

“Untuk BLT bulan sepuluh sudah kami salurkan ke 150 desa. Dengan anggaran Rp 4.497.500.000,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Senin (1/11/2021).

Sekaligus pihaknya juga sedang melakukan langkah percepatan pengajuan dan penyaluran Dana Desa tahap III.

Sedangkan, untuk desa yang belum menerima BLT Dana Desa akan dibantu fasilitas pencairannya..

“Untuk sisanya akan kami bantu fasilitasi pencairannya,” terangnya.

Baca Juga :   Pilkades Pati Siap Digelar, Deklarasi Damai Digaungkan

Ia menegaskan, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak serta-merta mendapat bantuan. Namun, ada kategori untuk menerima BLT Dana Desa tersebut. Diantaranya penduduk miskin yang belum mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) apapun.

“Yang menerima BLT Dana Desa tidak boleh dobel dengan bantuan PKH/BPNT/Pemilik Kartu Kerja. Dengan adanya BLT Dana Desa diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, BLT Dana Desa disalurkan ke Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). Lalu penerima dapat mencairkannya ke Bank Jateng.

“Dikarenakan keberadaan Bank Jateng masih sedikit, maka sebagian desa bisa mencairkan BLT Dana Desa melalui Bank BRI maupun Bank BNI,” pungkas Nilam. (*)

Komentar

News Feed