14.003 UMKM di Pati Bertahan Ditengah Pandemi Covid-19

Pati, SMJTimes.com– Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dinilai sektor yang mampu bertahan di tengah krisis. Pada krisis tahun 1998, sektor inilah yang mampu mengangkat ekonomi Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Pati.

Diharapkan pada krisis ekonomi imbas dari Covid-19 ini, sektor UMKM kembali mampu mengangkat perekonomian. Hal ini diungkapkan oleh Sinta Amarawati, pemateri Sosialisi Peta Potensi dan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Pati di Hotel Safin, pada Selasa (2/11/202) pagi.

Ia mengungkapkan ada 14 ribu UMKM di Kabupaten Pati yang mampu bertahan ditengah krisis saat ini. UMKM dari berbagai kecamatan di bumi mina tani, mulai dari Kecamatan Cluwak hingga Kecamatan Sukolilo.

Baca Juga :   Ketepatan Bantuan untuk KPM, Dewan Minta Pemdes  Aktif Lakukan Pembaruan DTKS

“Data dari Dinkop UMKM Kabupaten Pati ada 14.003 UMKM dan ada 2.163 IKM (Industri Kecil Menengah). UMKM ini anti krisis. Meskipun mengalami dampak Covid-19, tetapi masih kuat bertahan dibandingkan yang lain,” ujar Sinta saat memberi paparan.

Maka dari itu, lanjut Sinta, para pelaku UMKM seharusnya termotivasi dan berpikir optimis agar selalu bertahan dan mengangkat ekonomi Kabupaten Pati. Ia pun mengajak kepada masyarakat untuk mencintai produk lokal Kabupaten Pati.

Komentar