oleh

Peringati Hari Santri, Bupati Rembang Ingatkan Resolusi Jihad

Rembang, SMJTimes.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang menggelar berbagai kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021.

Beberapa kegiatan diantaranya Upacara Hari Santri Nasional, Sholawatan bersama Habib Anis Syahab dan Takhtimul Qur’an sejak tanggal 22-23 Oktober 2021.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz mengatakan jika hari santri mempunyai nilai sangat tinggi untuk bangsa Indonesia.

“Pada saat kemerdekaan baru diproklamirkan, ternyata banyak ancaman yang kedua kalinya. Tampillah santri melalui resolusi jihad dari seruan KH Hasyim Asy’ari dan kiai Abbas Buntet,” katanya.

Peringati Hari Santri, Bupati Rembang Ingatkan Resolusi Jihad

Dia melanjutkan, jika resolusi jihad mampu menangkal serangan-serangan dari negara lain yang ingin menjajah negara Indonesia.

“Bayangkan kalau tidak ada resolusi jihad yang digemborkan oleh KH Hasyim Asy’ari dan Kiai Abbas Buntet yang menangkal serangan udara maupun serangan darat. Sementara bangsa kita hanya punya bambu runcing, tapi karena semangat beliau-beliau inilah santri berani melawan penjajah,” jelasnya.

Baca Juga :   BPBD Rembang Lakukan Antisipasi Bencana Alam Hingga ke Level Desa

Menurutnya, nilai-nilai tersebut sangat strategis untuk terus dibagikan setiap tahun agar tidak ada pengkhianat yang mencederai para syuhada.

Seperti diketahui, penetapan Hari Santri Nasional ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. (Adv)

Komentar

News Feed