Pemuda Raci Raup Keuntungan dari Penjualan Kotoran Ternak

Pati, SMJTimes.com – Bagi kebanyakan orang cenderung menghindar jika bersinggungan dengan kotoran ternak.  Namun, hal ini tak berlaku bagi Aji Sholikhul Umam, warga Desa Raci Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Di tangannya, kotoran burung puyuh bisa menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Pemuda lulusan IAIN Kudus ini menceritakan awalnya ia bekerja di pabrik pengolah ikan dan pernah bekerja sebagai sales motor. Lantaran merasa tidak nyaman, ia terdorong untuk berwirausaha. Atas saran orang tuanya ia memutuskan untuk menjadi pengepul kotoran ayam.

Kotoran ayam yang dikumpulkannya lalu dijual kepada petambak dan petani. Tak selang berapa lama ia melihat peluang lain. Permohonan kotoran puyuh di Facebook ternyata lebih banyak sementara pemainnya lebih sedikit. Kemudian  ia berpindah haluan untuk menjadi pengepul kotoran puyuh.

Baca Juga :   Dinas Perhubungan Diminta Siapkan Jalur Alternatif Guna Antisipasi Macet di Pantura

“Awalnya ada info bahwa terdapat tambak yang disetori kotoran ayam, belum kotoran puyuh. Aku ada pandangan berwirausaha dengan kotoran puyuh. Alhamdulillah, dapat permintaan yang besar dari Facebook,” kata pemuda yang kerap disapa Aji, Senin (04/10/2021).

Komentar