oleh

Dana Hibah Parpol di Pati Naik 50 Persen

Pati, SMJTimes.com – Pandemi Covid-19 tak membuat dana hibah untuk partai politik (parpol) di Kabupaten Pati mengalami penurunan. Justru dana untuk pembinaan parpol yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Pati ini mengalami kenaikan.

Kepala Badan Kasbangpol Kabupaten Pati Sugiyono mencatat terdapat 50 persen kenaikan dana hibah parpol jika dibandingkan pada tahun lalu. Tahun lalu parpol mendapatkan Rp1.593 per suara. Sedangkan tahun ini, parpol mendapatkan Rp2 390 per suara yang didapatkan dalam pemilihan umum tahun 2019 lalu.

“Tahun ini lebih besar. Pada tahun kemarin 1593 per suara. Ada kenaikan. Sebanyak 50 persen,” terangnya.

Total dana hibah untuk 10 parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Pati sebesar Rp1,7 miliar pada tahun ini. Semakin banyak suara yang di dapatkan dalam Pemilihan Umum 2019, semakin banyak pula dana hibah yang didapatkan.

Baca Juga :   Perpanjangan PPKM, Perbolehkan Makan di Tempat

Untuk pengajuan kenaikan ini dijelaskan sudah diajukan pada tahun sebelumnya, yakni 2020. Sedangkan untuk pertimbangan kenaikan sendiri disesuaikan dengan kemampuan daerah dan jumlah pemilih sah. Di sisi lain juga memperhatikan pertimbangan bahwa di kabupaten Pati telah lama tidak naik.

“Pengajuan naik yang melalui proses pengajuan ke Pak Gubernur, lalu melalui tim penilai, Pati dikatakan layak untuk naik. Dengan pertimbangan karena Pati gak pernah naik,” ungkapnya.

Dana ini sudah dicairkan pada bulan Mei 2021 lalu. Pihaknya menyerahkan dana ini guna pembinaan partai politik di Kabupaten Pati.

“Dana hibah partai semua sudah tersalurkan di Kabupaten Pati ada 10 partai, sesuai dengan jumlah suara, yang mendapat kursi di DPRD kabupaten Pati. Dan untuk pemanfaatannya dilaksanakan partai politik masing-masing, diantaranya mulai dari pendidikan politik,” tandasnya. (*)

Baca Juga :   Banyak Pengendara Menerobos Jalur, Penyekatan di Pati Tak Maksimal

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Meski Pandemi, Dana Hibah untuk Parpol di Pati Naik 50 Persen”

Komentar

News Feed