oleh

Pemkab Pati Rogoh Rp2 Miliar Untuk Renovasi Masjid Agung

Pati, SMJTimes.com – Renovasi Masjid Agung Baitunnur (MAB) Pati memerlukan dana yang cukup besar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati merogoh kocek hingga Rp2 miliar untuk membangun kubah masjid. Anggaran ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati tahun anggaran 2021.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Arief Wahyudi. Arif mengatakan, renovasi MAB Pati direncanakan rampung hingga awal Desember 2021 ini.

Proyek ini tengah dikerjakan oleh CV Putra Wasilah dari Semarang. Sedangkan desain kubah atau arsitekturnya dikerjakan oleh Ar Fauzan A.T Noe’man. Ia merupakan putra Noe’man yang merancang Masjid Agung Baitunnur Pati pada tahun 1979.

Baca Juga :   Muhammadiyah Pati Dukung Penutupan Lokalisasi

“Untuk pembanguan kubah Masjid Baitunnur pagunya Rp2.398.464.650. Sedangkan untuk nilai kontrak Rp2.032.319.207. SPK (Surat Perintah Kerja) sampai tanggal 17 Desember. Dikerjakan oleh CV Putra Wasilah dari Semarang,” katanya Jumat (3/9/2021).

Ia mengungkapkan, wacana penambahan kubah tersebut sudah ada sejak tahun 2018. Banyak pihak menginginkan adanya kubah di masjid kebanggan warga Kabupaten Pati ini.

“Banyak keinginan dari beberapa pihak termasuk Pemda dan masayarakat menginginkan agar tampilan masjid lebuh terlihat dari adanya kubah di atasnya,” tuturnya.

Ia meyakini pembangunan kubah ini tidak mengubah bentuk masjid secara total. Atapnya masih sama dengan adanya penambahan kubah di tengah-tengah. Diameter kubah sendiri dirancang 18 meter.

Baca Juga :   Bantu Warga Isoman, Sedekah Rombongan Sediakan Oksigen Gratis

“Untuk pembangunan di tahun 2021 ini hanya penambahan kubah dan penggantian atap GRC lama. Desain kubah menyesuaikan degngan bentuk lengkungan roster existing masjid Baitunnur sehingga memiliki satu kesatuan dengan bangunan masjid,” ucapnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Renovasi Masjid Agung Baitunnur Pati Telan Rp2 Miliar”

Komentar

News Feed