oleh

KBM Tatap Muka di Pati Masih Menunggu Keputusan Rapat

Pati, SMJTimes.com – Nasib Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Pati belum jelas. Uji coba PTM yang dilakukan beberapa bulan lalu tertunda lantaran pandemi Covid-19 meningkat.

Saat ini, di tengah-tangah situasi Covid-19 yang diklaim sedang melandai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati masih belum memutuskan kapan pelaksanaan uji coba PTM. Bupati Pati Haryanto mengaku masih menunggu rapat Forkompimda.

“Nunggu rapat, Mas,” ujar Haryanto, awal pekan ini.

Haryanto mengungkapkan pihaknya tengah menyiapkan uji coba PTM. Dan dalam waktu dekat, uji coba PTM akan kembali dilaksanakan di Kabupaten Pati. Mengenai berapa sekolahan atau intansi pendidikan yang akan menyelenggarakan uji coba PTM, Haryanto belum bisa menjawab.

Baca Juga :   Wabup Hanies Tinjau Uji Coba KBM Tatap Muka SDN 1 Soditan Lasem

Ia tidak mau buru-buru dalam mengambil keputusan. Lantaran, menurutnya, nyawa peserta didik, pendidik dan lingkungan pendidikan lainya terancam bila pihaknya ‘grusa-grusu’.

Ia tidak mau nyawa anak-anak sekolah dan guru menjadi korban pandemi Covid-19. Terlebih terdapat pengalaman adanya Klaster Guru/ASN di Kabupaten Pati.

Pembelajaran langsung ini mulai dinanti-nanti berbagai pihak sekolah. Salah satunya, SMPN 5 Pati. Pihaknya, tengah menyiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian mengenai teknisnya masih dibahas.

“Rapat dengan Dinas Pendidikan Pati dan sejumlah sekolah via zoom juga membahas itu. Kalau rapat semacam itu sering. Selain itu, orang tua dan wali murid bertanya-tanya. Kapan mulai PTM? Sebagian besar sudah ingin tatap muka,” kata Kepala Sekolah SMPN 5 Pati Suhono saat ditemui belum lama ini.

Baca Juga :   Video : Berlangsung Sebulan, Pjs Bupati Rembang Bakal Gelar Evaluasi KBM Tatap Muka

Teknis penerapan PTM pun sempat disusun dan dilaksanakan pada uji coba PTM pada bulan April lalu. Mulai dari pembatasan jam pembelajaran hingga status zonasi di daerah. Istilah blended learning juga sempat dibahas.

Sementara itu, sejumlah daerah di eks-Karesidenan Pati mulai merencanakan uji coba pembelajaran luar jaringan itu. Mereka menganggap di situasi yang landai inilah waktu yang cocok untuk melakukan uji coba PTM. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “PTM Belum Jelas, Bupati Pati Masih Tunggu Rapat”

Komentar

News Feed