oleh

Simulasi KBM Tatap Muka Tahap II di Pati Bakal Ditunda

Pati, SMJTimes.com – Bupati Pati, Haryanto memutuskan menunda uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap dua. Hal ini dilakukan lantaran pihaknya menemukan sejumlah kasus positif Covid-19 di beberapa sekolahan yang menggelar uji coba PTM tahap pertama.

“Kalau PTM saat ini masih ada yang swab di SMK di MTs, SMAN 1 dan di Madrasah Aliyah Negeri. Tapi saya sudah mendapatkan beberapa data yang siswanya positif, ada yang guru dan siswanya positif. Jadi uji coba PTM (tahap dua) saya tunda,” ujar Haryanto kepada awak media di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (21/4/2021).

Ia menjelaskan penundaan uji coba PTM ini tidak hanya diberlakukan di beberapa sekolahan yang mempunyai kasus positif Covid-19 saja tetapi juga berlaku kepada sekolahan yang tidak memiliki kasus positif Covid-19.

Baca Juga :   42 Sekolah di Pati Akan Gelar Simulasi PTM

Haryanto beralasan agar Covid-19 tidak disepelekan oleh masyarakat maupun pihak sekolahan. “Kalau ditunda ya ditunda semuanya. Karena kalau ada satu orang (postif) satu sekolahan itu dianggap ndak bahaya nanti berdampak ke yang lain,” tuturnya.

Pihaknya akan menggelar uji coba atau simulasi PTM kembali setelah lebaran. Uji coba PTM tahap dua direncanakan akan digelar pada pekan depan. Mulai tanggal 26 April hingga 7 Mei 2021.

“Jadi akan kita evaluasi lagi nanti kita akan terapkan lagi setelah Hari Raya Idul Fitri,” kata Haryanto.

Haryanto mengungkapkan adanya kasus postif Covid-19 ini dikarenakan pada uji coba PTM tahap 1 kemarin, 5 April hingga 16 April lalu beberapa siswa tidak taat dengan aturan.

Baca Juga :   UMKM Rembang Meningkat 2 Kali Lipat di Masa Pandemi

“Karena ini ndak taat. Siswanya itu setelah pulang ada yang dolan (main) ke (rumah) temannya, ada yang jajan dan lain-lain. Nah itulah akhirnya kejadian. Gurunya ada yang kena siswanya juga ada yang kena,” ungkap Haryanto.

Saat ini, siswa atau guru yang positif Covid-19 telah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo dan sebagian menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Yang positif ada tiga sekolahan yang laporan. Untuk dua laporan hari ini belum laporan hari ini baru kita swab. Maka kita kan tunda lagi. Karena kita tidak mau ada kejadian ada klaster-klaster lagi,” pungkasnya.(*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Temukan Kasus Covid-19 di Sekolahan, Pemkab Pati Tunda Uji Coba PTM Tahap II”

Komentar

News Feed