oleh

Kenalkan Generasi Muda Pencak Silat Asli Pati

Pati, SMJTimes.com – Padepokan Harimau Kumbang mengenalkan bela diri pencak silat asli Kabupaten Pati kepada generasi muda.

Perlu diketahui, Padepokan Harimau Kumbang merupakan perguruan pencak silat gagasan Seniman pada 6 September 2000 yang berafiliasi dengan Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa.

Menurut Seniman, gerakan seni bela diri tersebut banyak mengajarkan jurus-jurus harimau yang menekankan pada agresivitas serangan dalam cengkraman dan tendangan. Walaupun, ia juga mengajarkan jurus-jurus lain.

“Perguruan silat harimau kumbang merupakan bela diri asli Pati. Yang melatarbelakangi menamai harimau karena jurus-jurus yang diajarkan dominan ke jurus harimau. Kemudian sebutan kumbang kami sematkan karena seragam kami berwarna hitam,” ujarnya, Rabu (18/8/2021)

Baca Juga :   Rumah Hangus Terbakar, Warga di Pucakwangi Alami Kerugian Capai Rp100 Juta

Hingga saat ini, ia menyebut terdapat sekitar 1.000 orang murid yang tersebar di Indonesia. Sementara yang aktif di dalam kepengurusan padepokan sebanyak 100 orang.

Melihat banyaknya ragam seni bela diri pencak silat di Kabupaten Pati membuat Seniman bangga akan hal itu. Ia menilai dengan banyaknya pencak silat, maka dapat mengajak generasi muda menjaga seni bela diri tradisional.

“Saya sangat bangga jika perguruan silat di Pati semakin banyak. Sejauh ini ada Pagar Nusa, PSHT, Tapak Suci, Cempaka Putih, Kera Sakti, Joyo Gendilo dan lain sebagainya. Hal ini mendorong kami untuk optimis bahwa budaya Indonesia dapat diwariskan,” imbuh pria yang akrab disapa Ki Jadug Amungrogo itu.

Baca Juga :   Tradisi Pembaretan Bintara Remaja Polres Pati 2019, Begini Pesan Kapolres Pati

Ia juga berharap agar pencak silat dapat dimaknai sebagai sarana belajar mengasah akhlak, ilmu spiritual, kebudayaan, dan tentunya kebugaran jasmani. Jangan sampai pencak silat digunakan untuk keperluan kejahatan, kriminal, maupun untuk hal-hal yang buruk lainnya.

“Harapan kami semoga pandemi segera berakhir. Dan diadakan lagi turnamen pencak silat sehingga eksistensi pencak silat di Indonesia, khususnya Pati semakin baik,” (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Padepokan Harimau Kumbang, Kenalkan Generasi Muda Bela Diri Asli Pati”

Komentar

News Feed