oleh

Kaya Manfaat, Berikut Kandungan Nutrisi Edamame

SMJTimes.com – Edamame merupakan kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, tapi juga karena ada banyak manfaat edamame bagi kesehatan tubuh.

Edamame mengandung banyak nutrisi. Makanan ini mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zink, dan kalium.

Berikut ini khasiat mengonsumsi edamame.

  1. Sumber protein lengkap

Edamame adalah sumber protein yang lengkap, kata Emma Newell, ahli diet di NourishRX.

Kacang edamame mengandung sembilan asam amino esensial yang bagus untuk vegetarian dan vegan, karena agak sulit menemukan pilihan nabati yang merupakan sumber protein lengkap. Secangkir penuh kacang edamame mengandung sekitar 18 gram protein.

  1. Mengandung banyak serat
Baca Juga :   4 Cara Mengetahui Kondisi Telur Busuk

Selain protein, edamame juga mengandung banyak serat, sekitar delapan gram per satu cangkir kacang edamame. Jumlah kandungan serat ini merupakan sepertiga dari kebutuhan serat wanita per hari.

  1. Asam lemak yang menyehatkan jantung

Satu cangkir yang diisi penuh kacang edamame mengandung asam lemak omega-6 (sekitar 6 gram) dan omega-3 (0,6 gram).

  1. Padat nutrisi

Faktor utama yang menjadikan kacang edamame sebagai camilan sehat adalah makanan ini padat nutrisi. Jumlah makronutrien, yakni karbohidrat, protein, dan lemak pada edamame juga seimbang.

  1. Mengandung mikronutrien penting

Pada kacang edamame terkandung mikronutrien seperti tiamin, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, vitamin K, folat, dan mangan. Semua mikronutrien ini penting untuk menjaga metabolisme dan keseimbangan dalam tubuh kita.

Baca Juga :   4 Manfaat Mengukus Makanan untuk Diet dan Kesehatan

Namun, beberapa orang tidak mengonsumsi kedelai karena dinilai dapat mengganggu fungsi tiroid. Kacang kedelai, termasuk edamame memiliki isoflavon yang mengandung fitoestrogen, senyawa yang mampu memberikan efek samping dan memicu penyakit kanker payudara.

Namun, hal ini tidak perlu membuat kita takut mengonsumsi kacang edamame. Sebab, beberapa studi menunjukkan tidak ada kaitan antara konsumsi kedelai dengan kanker payudara. Faktanya, penelitian terbaru menemukan asupan produk kedelai seperti edamame, bahkan bisa memiliki efek pencegahan terhadap kanker. (*)

Komentar

News Feed